Satu dari Tiga Tahanan Kabur Polres Bantaeng Dibekuk Resmob Polda
axel wiryanto
Friday, 27 January 2023 06:28 am
dibaca 337 kali

MAKASSAR, BKM — Pelarian Nursalam alias Rendi (31), yang merupakan tahanan Polres Bantaeng yang kabur dari sel tahanan, akhirnya terhenti. Menyusul Unit Resmob Polda Sulsel dipimpin Kanit Resmob Polda Sulsel, Kompol Dharma Negara didampingi Panit 3, Ipda Abdillah Makmur, berhasil mengendus keberadaannya yang bersembunyi di sebuah rumah di Kabupaten Pangkep.

Kanit Resmob Polda Sulsel, Kompol Dharma Negara, mengatakan, pihaknya setelah menerima informasi oleh Polres Bantaeng untuk diback up menyelidiki tahanannya yang kabur, dengan sigap memback up.
”Hasil penyelidikan kami diperoleh informasi bahwa satu dari tiga tahanan kabur Polres Bantaeng, yakni Nursalam berhasil teridentifikasi, setelah kami mengetahui keberadaan Nursalam.

Kami dengan cepat bergerak ke Kabupaten Pangkep. Setiba di lokasi yang dituju, tepatnya di Maleleng, Desa Sibatua, Kecamatan Soreang, Kabupaten Pangkep.
”Di sana kami mengepung sebuah rumah yang ditempati Nursalam bersembunyi. Dan kami berhasil mengamankan Nursalam bersama barang bukti satu unit gawai merek Samsung Galaxy J2 Pro warna hitam,” kata Kompol Dharma Negara, kemarin.

Hasil interogasi, kata Kompol Dharma, Nursalam mengakui perbuatannya bahwa betul dirinya bersama dua rekannya kabur dari sel tahanan Polres Bantaeng setelah dua rekannya berhasil menjebol pintu dan besi pengaman sel.

”Ketika dua rekannya Anas dan Arman berhasil menjebol pintu pengamanan sel tahanan pada bagian belakang yang sudah keropos dengan menggunakan tangan kosong. Setelah pintu terbuka Nursalam dan dua rekannya Anas dan Arman pun kabur bersamanya menuju warung jualan kakak dari Nursalam di Rumah Sakit Makkatutu dekat Pantai Seruni, Kabupaten Bantaeng, mereka diberi uang perongkosan oleh kakaknya senilai Rp500 ribu untuk berangkat ke Makassar di Jalan Capoa, Kelurahan Pannampu, Kecamatan Tallo untuk bertemu anaknya.

Namun dua rekannya sebelum tiba di Makassar, diantar sampai ke Jeneponto,” jelas Kompol Dharma Negara mengutip pengakuan tersangka.
Setiba mereka tahanan Polres Bantaeng yang kabur tersebut di Makassar, lanjutnya, Nursalam yang akrab disapa Rendi, mendapat informasi dari rekannya menyebutkan bahwa ada petugas kepolisian mencarinya.
”Begitu Nursalam mendapat informasi dari rekannya bahwa ia dicari petugas kepolisian, Nursalam kemudian melarikan diri ke rumah kerabatnya di Mandai. Di sana ia pun mendapat kabar oleh kakak iparnya bahwa Nursalam dicari petugas kepolisian. Nursalam kemudian melarikan diri ke rumah kakaknya yang berada di Maleleng Desa Sibatua, Kecamatan Soreang, Kabupaten Pangkep. Disana tersangka dalam kasus Narkoba ini berhasil diamankan. Kini Nursalam sudah diamankan untuk kepentingan penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut,” pungkas Kanit Resmob Polda Sulsel, Kompol Dharma Negara. (ish/c)

The post Satu dari Tiga Tahanan Kabur Polres Bantaeng Dibekuk Resmob Polda appeared first on Berita Kota Makassar.

source