Safari Ramadan ke Kantor Regional VII, Bogi Witjaksono: Telkom Siap Hadapi Lonjakan Trafik Saat Mudik dan Balik Lebaran
axel wiryanto
Sunday, 24 March 2024 08:34 am
dibaca 79 kali

MAKASSAR, BKM — Langkah antisipasi telah dilakukan PT Telkom dalam menghadapi lonjakan trafik saat mudik maupun balik lebaran Idulfitri tahun 2024.
Antisipasinya tidak saja pada pembenahan jaringan dan infrastruktur, tapi juga kesiapan sumber daya manusia atau karyawan. Bahkan, karyawan dibagian pelayanan diimbau untuk tidak mengambil cuti atau libur lebaran.
”Cuti dan libur lebaran mereka dialihkan setelah lebaran Idulfitri. Karena ini menjadi tanggung jawab kami sebagai perusahaan penyedia layanan telekomunikasi.

Dimana, kami tentunya harus memberikan layanan terbaik untuk para pelanggan setia kami,” kata
Direktur Wholesale & International Service Telkom, Bogi Witjaksono kepada wartawan, di sela melakukan Safari Ramadan di kantor Telkom Regional VII KTI, Kamis (21/3).

Didampingi Agus Yudha Basuki sebagai EVP Telkom Regional VII KTI, Bogi Witjaksono lanjut mengatakan, untuk memberikan layanan prima kepada masyarakat, saat ini Telkom telah mempersiapkan tim khusus untuk mengantisipasi terjadinya gangguan layanan.
”Kami tidak ingin di tempat-tempat yang ramai kunjungan pemudik mengalami gangguan. Seperti pusat perbelanjaan, terminal, stasiun, maupun pelabuhan, masyarakat sulit melakukan transaksi secara digital karena adanya gangguan jaringan. Juga, jangan sampai akses untuk IndoHome dan jaringan digital lainnya yang kami punya jadi lemot,” tambah Bogi.

Bogi mengakui, semua persiapan menjelang arus mudik dan balik lebaran telah dilakukan.

”Kita jaga infrastruktur utama yang jadi tulang punggung masyarakat untuk mudik dan balik tidak boleh terputus. Semua infrastruktur Telkom, mulai dari kabel fiber optik hingga jaringan seluler berbasis BTS sudah siap menyambut arus mudik dan balik lebaran,” kata Bogi.
Kesiapan menghadapi mudik dan balik lebaran tahun ini juga diungkapkan EVP Telkom Regional VII KTI, Agus Yudha Basuki. Saat ini telah dibentuk tim khusus di tingkat regional hingga witel yang ada di sembilan kota.
”Jadi di tiap-tiap lokasi kami membentuk Posko. Tugas mereka memonitor kondisi infrastruktur dan layanan Telkom. Jika ada anomali, maka tim di lapangan akan melakukan perbaikan,” ujar Agus.
Agus mengakui, seperti lebaran tahun-tahun sebelumnya, maka disaat mudik dan balik lebaran pasti akan terjadi lonjakan trafik. Menghadapi lonjakan juga telah diantisipasi dengan mempersiapkan infrastrukturnya.
”Insya Allah, kami sudah mempersiapkan infrastrukturnya. Begitu pula ketika terjadi gangguan, maka tim yang sudah dibentuk juga akan segera akan turun ke lapangan melakukan perbaikan,” pungkas Agus Yudha Basuki. (mir)

source