Rutan Barru Siapkan Ruang Tahfidz
axel wiryanto
Wednesday, 23 August 2023 09:29 am
dibaca 114 kali

BARRU, BKM– Bupati Barru Suardi Saleh mengungkapkan kebanggaannya kepada Kepala Rutan yang menyiapkan ruang tahfidz bagi warga binaan di Rutan Kelas II B Barru. Menurutnya hal itu menjadi sebuah langkah maju dengan harapan kesadaran warga binaan bisa terbangun dan tidak lagi mengulangi perbuatannya saat bebas nanti.

Dikesempatgan yang sama Suardi juga menyerahkan remisi kepada 171 warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Barru. Penyerahan remisi umum atau pengurangan masa pidana bertepatan dengan HUT RI ke 78. Pemberian remisi secara simbolis H Suardi Saleh di dampingi Kepala Rutan Mashuri Alwi.
Bupati Barru pada kesempatan tersebut membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.
Dia mengatakan remisi diberikan kepada WBP adalah bentuk apresiasi kepada warga binaan yang telah menunjukkan prestasi, dedikasi dan disiplin yang tinggi dalam mengikuti program pembinaan.

“Pemerintah memberikan apresiasi berupa pengurangan masa menjalani pidana (remisi) bagi mereka yang telah menunjukkan prestasi, dedikasi dan disiplin yang tinggi dalam mengikuti program pembinaan. Semua telah memenuhi syarat sebagaimana diatur dalam ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” ungkapnya.
Suardi Saleh mengapresiasi Rutan Kelas II B Barru yang banyak mengalami perubahan.
“Saya bangga karena rutan kelas II B memiliki ruang tahfidz dan lebih bangga lagi karena warga binaan mampu meraih juara II tingkat Nasional MTQ antar Rutan se-Indonesia,”kata Suardi Saleh

“Jadikan remisi ini momentum dan kesempatan untuk memperbaiki diri menjadi manusia yang lebih baik di masyarakat,” pesannya
Kepala Rutan Kelas II B Barru mengungkapkan, dari kapasitas 106 warga binaan yang ada, terdiri dari Narapidana 249 orang dan tahanan 40 orang jadi total 289 orang penghuni saat ini.
“Tahun 2023 pemberian remisi umum kepada warga binaan Rutan Kelas IIB Barru diberikan kepada 171 orang. Dimana ada 37 orang diberikan remisi I kategori PP 99/2012 dan 124 orang kategori non PP 99/2012 warga binaan mendapat remisi II sebanyak 10 orang sehingga total keselurahan 171 orang.
Mashuri menyampaikan bahwa warga binaan rutan kelas II B Barru keluar sebagai juara II MTQ tingkat nasional dan Juara I Tingkat Provinsi. Dari penghuni yang ada di Rutan Kelas II B Barru sekitar 80 persen kasus narkoba sedangkan kasus lainnya 20 persen. (udi/C)

The post Rutan Barru Siapkan Ruang Tahfidz appeared first on Berita Kota Makassar.

source