Site icon ROVINDO

RTH Syekh Yusuf Discovery Resmi Dibuka

GOWA, BKM — Ruang Terbuka Hijau (RTH) Syekh Yusuf Discovery Kabupaten Gowa kini resmi dibuka untuk dipergunakan secara umum oleh masyarakat Kabupaten Gowa. Peresmian itu dilakukan oleh Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan bersama Wabup Abd Rauf Malaganni dan Sekretaris Kabupaten Kamsina di RTH Syekh Yusuf Discovery, Rabu (4/1) pagi dihadiri para Forkopimda, pimpinan SKPD dan para Camat se-Gowa.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, mengatakan, RTH Syekh Yusuf Discovery sudah resmi bisa dipergunakan oleh masyarakat Gowa. Di dalam RTH ini terdapat berbagai macam fasilitas masyarakat seperti sarana olahraga, joging, sepakbola, basket, voli ball, long tenes, skateboard dan lainnya. Juga ada foodcourt, ada tempat bermain anak-anak dan taman.

”Ini tiada lain untuk memberikan ruang kepada masyarakat. RTH ini adalah milik pemerintah dan masyarakat karena itu saya ajak masyarakat untuk ikut menjaga seluruh fasilitas yang ada di RTH ini,” kata Adnan.
Ditanya tentang pola pengelolaan RTH ini, Adnan mengatakan, Pemkab Gowa akan menggandeng sponsor dalam hal pengelolaan lapangan yang ada. Dengan sponsor diharapkan pengelolaan RTH ini nantinya tidak lagi menjadi beban APBD karena segala biaya yang dikeluarkan nanti berasal dari sponsor.

”Sekarang sudaj ada tuga sponsor yang mendaftar. Jadi kedepannya nanti, pengelolaan RTH ini tidak lagi menjadi beban APBD tapi segala pembiayaan operasionalnya berasal dari sponsor. Artinya, nantinya akan memasukkan pendapatan asli daerah (PAD). Maksudnya ketika dia jadi PAD, kita harapkan tidak berkontribusi bagi kita tapi bisa biayai diri sendiri. Yang pertama bayar listrik, bayar air, bayar seluruh pekerja yang ada di tempat ini, bayar petugas keamanan, petugas kebersihan, petugas taman, bayar pengelola dan lainnya. Jadi ada penghasilan yang layak dan ini tentunya membuka lapangan kerja baru di Gowa,” jelas Adnan.
Rizal, salah seorang warga Sungguminasa yang pagi itu sempat mengikuti jalannya peresmian yang diawali senam bersama di lapangan RTH mengatakan sangat kagum. Bahkan Rizal mengatakan dirinya sudah biasa berolahraga joging di kawasan RTH sebelum RTH diresmikan.
”Luar biasa RTH Gowa ini semua lengkap. Karena ini icon publik space Gowa yang baru maka kami tentu berbangga dan berterimakasih kepada Pak Bupati Gowa dengan dibangunnya sarana RTH ini. Saya selalu warga Gowa tentu akan siap ikut berpartisipasi menjaga sarana dan prasarana RTH yang ada. Saya juga ajak warga lainnya untuk berbuat sama agar fasilitas publik space kita ini langgen kita nikmati,” kata Rizal. (sar)

The post RTH Syekh Yusuf Discovery Resmi Dibuka appeared first on Berita Kota Makassar.

source

Exit mobile version