Rp20 Miliar Usulan Anggaran KPU Sulsel Terancam Dihapus
axel wiryanto
Wednesday, 19 July 2023 01:32 am
dibaca 225 kali

“Kemarin setelah direview oleh Inspektorat Pemprov Sulsel, ada item-item masuk dalam Bimtek dan segala macam ada sekitar Rp20 miliar. Nah, ini Pemprov mau pencermatan ulang di KPU atau dihilangkan nanti. Tapi kami sudah sampaikan rasionaliasi untuk dipertahankan.

Sampai sekarang belum ada respons dari Pemprov,” kata anggota KPU Sulsel Divisi Logistik dan Anggaran Marzuki Kadir, Senin (17/7).

Ia mengakui bahwa anggaran Rp408 miliar itu kini belum bisa dipastikan untuk dipertahankan atau dipangkas lagi oleh Pemprov. Sebab belum finalisasi.

Apalagi sebagian PKPU tahapan pilkada belum terbit.

Selain itu, lanjutnya, jika anggaran Pilgub Sulsel akan dipangkas Rp20 miliar, maka tersisa hanya Rp384 miliar. Kendati begitu, belum memastikan Pemprov memangkas demikian banyak karena pasti ada pertimbangan.

“Kan Rp408 miliar takutnya ada perubahan rasionalisasi lagi dari Pemprov. Tapi ini kan belum deal, dan belum diberikan apa-apa saja dihapus pascareview. Tapi kalau dipanglas di atas Rp20 miliar, berarti sisa sedikit.

Tapi kami belum bisa tahu dan belum bisa komentari,” terangnya.

Selaku Koordinator Divisi Perencanaan dan Logistik, Marzuki Kadir mengatakan bahwa nilai sekitar Rp20 miliar yang menjadi catatan dalam usulan anggaran dana Pilgub dari pihak KPU Sulsel mungkin dianggap Pemprov Sulsel melebihi.

“Misalnya anggaplah sosialisasi.

Setiap sosialiasi itu satu acara ada mata anggaran. Mungkin kami ajukan 10 kali sosialisasi, tapi mungkin menurut Pemprov tujuh kali sudah cukup. Hal-hal itu yang dipotong,” ujarnya.

KPU Sulsel berharap ada toleransi atas usulan anggaran yang diusulkan untuk Pilgub 2024 tersebut. Tentu keputusannya ada di tangan Pemprov Sulsel akan berapa besar yang dapat digelontorkan sesuai dengan kemampuannya.

“Kami mengajukan, yang evaluasi pengajuan itu pemprov.

Kalau toh kemampuan pengajuan itu, misalnya Rp10 miliar tapi mereka maunya Rp3 miliar, makanya nilai yang 7 (miliar) itu kan otomatis namanya review,” imbuhnya.

Sebelumnya, Pemprov Sulsel akan memotong anggaran Rp20 miliar dalam usulan anggaran Pilgub Sulsel dari pihak KPU Sulsel.

Hal ini setelah dilakukan review oleh Inspektorat Sulsel dan terdapat ‘catatan’ sebanyak Rp20 miliar.
Namun sebelum dilakukan pemotongan, Pemprov Sulsel menyurat kepada KPU Sulsel untuk meminta jawaban urgensi Rp20 miliar tersebut harus dipertahankan atau tidak.

Hal ini dikatakan oleh Ketua KPU Sulsel Hasbullah.

Menurut Hasbullah, pihaknya kini tinggal menunggu tanggapan dari Pemprov Sulsel atas jawaban yang telah diberikan.
“Kita sudah berikan tanggapan dengan beberapa poin yang bernilai Rp20 miliar yang menjadi catatan. Bukan dipotong untuk dilakukan efisiensi.

Tetapi mereka (Pemprov Sulsel) tetap menunggu tanggapan dari kami,” terangnya. (jun)

The post Rp20 Miliar Usulan Anggaran KPU Sulsel Terancam Dihapus appeared first on Berita Kota Makassar.

source