Site icon ROVINDO

Ribuan Warga Gowa Tumpah di Kawasan Istana Balla Lompoa

GOWA, BKM — Hari Jadi Gowa (HJG) ke-702, diperingati semarak di pelataran Museum Istana Balla Lompoa, pada Kamis pagi (17/11), pukul 10.00 Wita. Pesta hari lahir Gowa ini cukup dinamis dengan panggung besar dilengkapi tiga layar videotron besar.

Berbagai tarian tradisional Gowa ditampilkan dan beberapa proyek strategis daerah Gowa kurun 2022 diresmikan. Sejumlah pejabat tinggi Provinsi Sulsel selain Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman hadir, yakni Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Totok Imam Santoso beserta Ketua Persit Kartika Candra Kirana serta beberapa politisi pusat dan Sulsel merupakan warga Gowa dan beberapa keluarga Kerajaan Gowa. Hadir pula wali kota Parepare, bupati Jeneponto, bupati Bantaeng, serta perwakilan Pemerintah Kabupaten Sinjai dan Kabupaten Bone.
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, di kesempatan memberikan sambutannya mengaku bersyukur sudah bisa dilakukan kegiatan dengan banyak orang. Diakuinya, dua tahun peringatan HJG tidak dihelat lantaran pandemi Covid-19.

”Alhamdulillah, kita sudah bisa lakukan pertemuan akbar dan kita sudah bisa menggelar HJG ini dengan mengundang banyak orang. Semoga ke depannya kita tidak lagi menemukan kendala besar seperti pandemi yang membawa dampak krisis ekonomi dan inflasi yang begitu besar,” kata Adnan.
Dalam kesempatan itu pula, bupati Gowa membeberkan sejumlah prestasi pembangunan Gowa dan pembangunan yang tengah berjalan selama kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni.
Sementara itu, Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman memberikan apresiasi besar terhadap kemajuan pembangunan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Gowa. Diakui Sudirman, jika selama ini pemerintah provinsi banyak membangun kolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Gowa. Dimana daerah Gowa menjadi daerah vital bagi kemajuan Sulsel.
Dalam puncak HJG 702 ini, bupati Gowa menyerahkan bonus kepada para atlet Gowa yang meraih medali emas di ajang Porprov Sulsel XVII. Di antaranya adalah atlet bulutangkis, dayung, karate, pencak silat, balap sepeda, dan yongmodo. Para atlet baik perorangan maupun per tim menerima bonus dari Pemerintah Kabupaten Gowa sebesar Rp15 juta. (sar)

The post Ribuan Warga Gowa Tumpah di Kawasan Istana Balla Lompoa appeared first on Berita Kota Makassar.

source

Exit mobile version