Site icon ROVINDO

Revitalisasi Lapangan Karebosi Dilelang

MAKASSAR, BKM — Revitalisasi Lapangan Karebosi akhirnya dilelang. Berdasarkan penelusuran di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Makassar, proyek tersebut sudah ditayangkan sejak 4 September 2023 lalu. Mekanisme tender proyek ini mendapat pendampingan langsung dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) pemerintah pusat.
Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Kota Makassar Andi Pattiware, menerangkan proyek tersebut akan dilaksanakan secara multiyears sehingga tidak masalah jika saat ini baru melalui tahapan tender. Proses tender diperkirakan akan memakan waktu sekitar 45 hari. Jika tender berjalan lancar, maka diperkirakan proyek ini sudah bisa dilaksanakan Oktober mendatang.

Menurut lelaki yang akrab disapa Andi Ware itu, total anggaran yang disiapkan untuk revitalisasi Karebosi sebesar Rp71 miliar. Mengingat tahun 2023 sudah akan berakhir beberapa bulan mendatang, maka rencananya hanya ada beberapa pekerjaan yang bisa dilaksanakan tahun ini.
Dia melanjutkan, sebenarnya anggaran yang disiapkan untuk tahun ini sebesar Rp50 miliar. Sementara tahun depan Rp21 miliar.
“Tapi karena waktu yang terbatas, LKPP menyarankan untuk mengubah porsi anggarannya di APBD Perubahan. Kita disarankan untuk mengajukan revisi,” ungkap Andi Ware, kemarin.
Normalnya, proyek ini seharusnya mampu diselesaikan 60 persen di tahun 2023 dan 40 persen di 2024. Namun karena lamban tayang di LPSE, pengerjaan instruktur olahraga ini diperkirakan berjalan efektif pada Oktober atau November mendatang. “Dari Oktober sampai Desember mungkin bisa 30 persen pekerjaan,” ujarnya.

Dia menambahkan, tahun ini kemungkinan yang akan dikerjakan adalah pembenahan lapangan softball.
Sementara itu, Kepala Bagian Unit Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Kota Makassar Sibly Muhammad, mengatakan proyek ini lambat ditender karena banyak koreksi dan masukan dari tenaga ahli. Mekanisme pelaksanaannya di lapangan harus dikaji dengan matang. Apalagi ada parkir bawah tanah di bawah lapangan Karebosi. “Risiko itu harus diminimalisir dengan akurasi perencanaan, jadi itu yang agak lama,” ujarnya.
Agar pelaksanaannya sesuai dengan koridor, proyek yang berada di bawah Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Makassar ini melibatkan LKPP. “Seluruh tahapan ini sepengetahuan mereka (LKPP) tayang juga ini sepengetahuan mereka, jadi untuk proses dokumen lelangnya secara aturan pengadaan sudah valid,” tegasnya.

The post Revitalisasi Lapangan Karebosi Dilelang appeared first on Berita Kota Makassar.

source

Exit mobile version