Rektor Unhas Prof JJ Serahkan Buku Hasil Pengabdian ke Pj Bupati Pinrang tentang Potensi Limbah Tanaman Pangan sebagai Pakan
axel wiryanto
Friday, 23 August 2024 08:58 am
dibaca 51 kali

PINRANG, BKM — Acara puncak kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka Dies Natalis Universitas Hasanuddin ke-68 digelar di Kabupaten Pinrang pada Minggu (18/8/2024).

Rektor Universitas Hasanuddin Prof. Dr. Ir.

Jamaluddin Jompa, M.Sc, di sela-sela acara pameran hasil-hasil pengabdian kepada masyarakat yang berlangsung di GOR Pemkab Pinrang menyerahkan buku “Potensi Limbah Tanaman Pangan sebagai Sumber Pakan Ruminansia di Kabupaten Pinrang”, kepada Penjabat (Pj) Bupati Pinrang H.Ahmadi Akil, SE, MM.

Rektor Unhas yang akrab disapa Prof JJ ini, menyampaikan apresiasi kepada tim pelaksana pengabdian kepada masyarakat yang telah melahirkan output berupa buku yang diharapkan memberi manfaat bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Pinrang.

“Buku ini diharapkan menjadi data dasar untuk perencanaan pembangunan khususnya pengembangan peternakan di Kabupaten Pinrang,” ujar rektor yang berasal dari Kabupaten Pinrang ini.

Buku Potensi Limbah Tanaman Pangan sebagai Sumber Pakan Ruminansia di Kabupaten Pinrang merupakan salah satu luaran kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh Universitas Hasanuddin (Unhas) dalam bentuk Program Kemitraan Masyarakat Tahun 2024.

Tim pelaksana kegiatan pengabdian dengan Ketua Tim Prof.Dr.Ir.Jasmal A. Syamsu,M.Si dengan anggota Dr.Ir.Sri Purwanti, S.Pt, M.Si, Abdul Alim Yamin, S.Pt, M.Si, Andi Muh Fuad AW, S.Pt, M.Si, dan Ichlasul Amal, S.Pt, M.Si.

Buku ini menurut Prof. Jasmal menjelaskan bahwa Kabupaten Pinrang memiliki potensi produksi limbah tanaman pangan yang beragam berupa jerami padi, jerami jagung, jerami kedelai, jerami kacang tanah, jerami ubi jalar, jerami kacang hijau yang dapat dijadikan sebagai sumber pakan hewan ternak ruminansia.

“Potensi daya dukung limbah tanaman pangan tersebut sebagai sumber pakan bagi ternak ruminansia di masing-masing kecamatan di Kabupaten Pinrang disampaikan detail di dalam buku ini,” ujar Prof Jasmal.

Diharapkan hasil dari pengabdian kepada masyarakat ini sebagai bahan acuan bagi pemerintah Kabupaten Pinrang dalam menyusun dan melaksanakan program penyediaan pakan bagi ternak yang didasarkan pada potensi sumber pakan di masing-masing wilayah.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan atas dukungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Unhas melalui hibah Program Pengabdian kepada Masyarakat-Program Kemitraan (PPMU-PK) dengan Nomor Kontrak : 00311/UN4.22/PM.01.01/2024.(rls)

source