Rangga: Draft RPJMD Jadi Panduan Kepala Daerah Terpilih
axel wiryanto
Wednesday, 24 July 2024 16:41 pm
dibaca 109 kali

MAKASSAR, BKM–Legislator Partai Golkar DPRD Sulsel Fachruddin Rangga menuturkan bahwa rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) yang kini dibahas nantinya sebagai potret atau panduan untuk gubernur yang terpilih pada setiap 5 tahun pertama seperti dan 5 tahun kedua dan seterusnya hingga 20 tahun kedepan.

“Apa yang terjadi di Sulsel saat ini akan disampaikan secara garis besar pada RPJPD sebagai acuan untuk gubernur dan wakil gubernur terpilih untuk membangun daerahnya. Hal ini bisa terjawab nanti untuk 10- 20 tahun ke depan apakah ada perbaikan dan pembenahan yang dilakukan karena termasuk pembangunan stadion kita masukkan dalam draft RPJPD,”jelas Rangga disela-sela memimpin rapat kerja panitia khusus (Pansus) dalam rangka pembahasan terhadap rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang RPJPD Provinsi Sulsel di lantai II Gedung Tower DPRD Sulsel, Selasa (23/7).
Selaku Ketua Pansus RPJPD, Rangga, menyampaikan, bahwa pembahasan ini sudah dilakukan beberapa kali dan merupakan rapat terakhir membahas tentang dokumen RPJPD Sulsel 2025-2045.

“Walaupun memang disadari bahwa dengan waktu begitu singkat diberikan oleh pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian dalam negeri, masih ada hal-hal yang sesungguhnya ingin dimasukkan untuk melengkapi dokumen RPJPD ini,” katanya.

Oleh karena itu, kata Rangga, Pansus sepakat berapa hal di samping visi yang coba di revisi menghilangkan kata ekosistem ekonomi hijau dan biru.
Sehingga bunyi visinya yang terakhir adalah Sulawesi Selatan maju dan berkelanjutan.
“Jadi penajaman visi akan lebih dipertajam di dalam misi maupun kebijakan yang ada di dalam dokumen setelah kita menunggu hasil evaluasi untuk dokumen RPJPD Provinsi Sulawesi Selatan untuk 20 tahun ke depan untuk di paripurnakan nantinya,” ucap Rangga yang membahas Pansus bersama Pemerintah provinsi Sulawesi Selatan. (rif)

source