Site icon ROVINDO

Rammang-rammang Kembali Masuk 75 Desa Wisata Terbaik

”Alhamdulillah, saya berterima kasih kepada semuanya. Sehingga untuk kesekian kalinya kabupaten kita terpilh masuk ke-75 besar desa wisata terbaik, desa wisata berkelas dunia. Jadikan penghargaan ini sebagai motivasi untuk mengembangkan desa wisata berkualitas,” pesannya.
Chaidir menambahkan, ini menjadi langkah baik untuk memajukan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Maros, sektor wisata yang inovatif dan kreatif yang tertata baik menjadi indikator kebangkitan ekonomi yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat.
Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Maros, Muhammad Ferdiansyah, mengungkapkan, tahun ini terdapat 55 desa wisata kita yang mengikuti ADWI. Meski begitu, hanya satu yang berhasil lolos.
”Kalau tahun lalu ada 53. Kali ini ada dua tambahan. Yakni Desa Wisata Kebun Kopi dan air terjun/sungai. Juga desa wisata air terjun dan ekowisata (river tubing) di Tompobulu,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ferdi menjelaskan, ada lima kategori penilaian. Pertama, daya tarik pengunjung merupakan potensi utama desa wisata yang memiliki keunikan dan keautentikan. Daya tarik wisata berupa alam dan buatan juga seni dan budaya akan menjadi salah satu faktor penilaian.
Kedua, peningkatan standar kualitas pelayanan homestay serta melestarikan desain arsitektur budaya lokal dan toilet untuk pemenuhan sarana dan prasarana kenyamanan wisatawan.
Ketiga, akselerasi percepatan transformasi digital serta menciptakan konten kreatif sebagai sarana promosi desa wisata melalui digital.
Keempat, Menggali potensi kreativitas dan hasil karya desa wisata berupa kuliner, fesyen, dan kerajinan tangan atau kriya berbasis kearifan lokal.
Dan kelima, terbentuknya legalitas berbadan hukum dan pengelolaan desa wisata yang berkelanjutan serta memiliki manajemen risiko dan penerapan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability) berstandar nasional.
Untuk mendukung kelengkapan digital dan kreatif, Pemkab Maros memberikan sarana komputer portable dan mesin cetak. (ari/c)

The post Rammang-rammang Kembali Masuk 75 Desa Wisata Terbaik appeared first on Berita Kota Makassar.

source

Exit mobile version