Rakernis Apeksi Bahas Rencana Penghapusan Honorer
axel wiryanto
Wednesday, 09 November 2022 04:40 am
dibaca 235 kali

MAKASSAR, BKM — Kota Makassar menjadi tuan rumah Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi). Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, 7-9 November 2022. Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman membukan Rakernis ini, Senin (7/11) di Hotel Four Point Makassar.
Sebanyak 64 perwakilan dari pemerintah kota di Indonesia mengikuti kegiatan ini. Mulai dari wali kota, wakil wali kota, hingga sekretaris kota. Kegiatan ini mengangkat tema Otonomi Fiskal, Investasi dan Kemandirian Kota.

Ketua Apeksi yang juga Wali Kota Bogor Bima Arya menerangkan, ada beberapa isu penting yang diangkat dalam Rakernis kali ini. Di antaranya, bagaimana kesiapan seluruh pemerintah kota dalam mengantisipasi resesi yang diprediksi bakal terjadi tahun depan.
Selain itu, kata Bima Arya, pemerintah kota juga harus mencermati kebijakan pemerintah pusat agar betul-betul sesuai target. Di antaranya terkait Undang-Undang Cipta Kerja, Sistem OSS, dan rencana penghapusan honorer.
“Bukan kita berbeda dengan pemerintah. Justru kita ingin agar kebijakan pemerintah itu mulus. Kalau tidak mulus maka kita akan berikan solusi untuk perbaikan, dan di sini di Makassar ini penting,” terangnya.

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menjelaskan, ajang Rakernis Apeksi ini bisa menjadi momen untuk saling berkonsolidasi antara pemerintah kota se-Indonesia membahas sejumlah isu-isu penting untuk kemaslahatan warga. Selain itu, dijadikannya Makassar sebagai tempat pelaksanaan Rakernis Apeksi akan memberi efek bagi perputaran ekonomi.
“Ini membawa dampak. Paling tidak, mereka juga datang untuk melihat-lihat, berwisata dan melihat bagaimana potensi di Sulawesi Selatan ini,” ungkapnya.
Dalam kesempatan itu, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengucapkan terima kasih kepada seluruh kota yang hadir mengikuti kegiatan Rakernis Nasional Apeksi 2022.
“Mewakili Pemerintah Kota Makassar izinkan saya mengucapkan terima kasih kepada wali kota, wakil wali kota, dan sekda yang sempat hadir di kegiatan ini. Rakernis Apeksi adalah aspirasi semua kota dan banyak persoalan-persoalan perkotaan yang akan kita bahas bersama di sini untuk bisa kita bersama-sama mencari solusinya,” ujarnya.
Rakernis Nasional Apeksi 2022 akan diparalelkan dengan beberapa kegiatan seperti Makassar Investment Forum dan HUT ke-415 Tahun Kota Makassar. Termasuk City Tour ke Lorong Wisata yang merupakan program unggulan Pemkot Makassar.

The post Rakernis Apeksi Bahas Rencana Penghapusan Honorer appeared first on Berita Kota Makassar.

source