Site icon ROVINDO

Pungli Mandor Proyek di Program Air Bersih Gratis

GOWA, BKM — Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Jeneberang akhirnya menciduk seorang warga yang mengaku petugas air bersih Perumda berinisial JN. Ia diketahui telah melakukan praktik pungutan liar (pungli) dengan memalak dua warga Perumahan Mas Pattallassang di Dusun Borongpa’la’la, Desa Timbuseng, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Gowa.
Dari dua warga RL dan TR, oknum JN memintai masing-masing Rp1,5 juta dengan alasan sebagai biaya penyambungan baru. Padahal dalam program MBR DAK 2022 tersebut, proses penyambungan baru ini gratis.

Hal ini terkuak usai kedua warga tersebut mentransfer uang yang diminta JN melalui rekening istri JN, yakni NN. Totalnya ada Rp3 juta untuk dua warga korban. Usai mentransfer, warga penerima manfaat diberitahu oleh pengawas Dinas PUPR bahwa program yang dilaksanakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUP) ini adalah gratis.
Merasa tertipu, kedua korban kemudian melapor ke Perumda Tirta Jeneberang. Ia mengadukan adanya oknum yang mengaku pegawai Perumda Tirta Jeneberang dan meminta mereka membayar dana pemasangan tersebut.

Direktur Utama Perumda Tirta Jeneberang Kabupaten Gowa Hasanuddin Kamal pun langsung menyikapi aduan tersebtu. Didampingi Kasat SPI Perumda Tirta Jeneberang Abdul Malik Abbas, Dirut menegaskan jika oknum JN bukan anggota atau pegawai Perumda Tirta Jeneberang Gowa.
“Oknum JN ini sama sekali tidak punya hubungan apapun dengan kami Perumda Tirta Jeneberang. Di Perumda Tirta Jeneberang pun tidak ada proyek. Program MBR tersebut di bawah kewenangan Dinas PUPR dan pihak rekanan kontraktor pemasangan. Jadi JN sama sekali bukan petugas atau pegawai Perumda Tirta Jeneberang, sekalipun oknum itu mengaku demikian,” tegas Hasanuddin Kamal, akhir pekan lalu.
Awalnya, pihak Perumda bersama warga korban hendak melaporkan oknum JN ke kepolisian. Namun setelah diklarifikasi oleh pihak Perumda, oknum JN mengakui perbuatannya. Ia pun menyampaikan permohonan maaf kepada Perumda dan kepada dua warga korban. JN menyatakan bersedia mengembalikan uang milik dua korban.

The post Pungli Mandor Proyek di Program Air Bersih Gratis appeared first on Berita Kota Makassar.

source

Exit mobile version