Puluhan Guru SMP 21 Tompobulu Ikuti Bimtek IKM
axel wiryanto
Wednesday, 31 August 2022 21:40 pm
dibaca 216 kali

MAROS, BKM — Puluhan guru SMP 21 Tompobulu mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di aula gedung SMP 21 Tompobulu, Kecamatan Tompobulu. Bimtek ini turut dihadiri Kepala SMP 21, H Hamzah, Pengawas Bina, Askari, serta narasumber, Jabaruddin, Selasa (30/8).
Kegiatan ini dibuka Pengawas Bina, Askari, dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Maros. Pada kesempatan tersebut Askari berharap agar seluruh guru yang mengajar di kelas VII wajib mengikuti Bimtek IKM. Karena banyak perubahan kebijakan pendidikan terkait dengan kondisi capaian mutu pendidikan.

Guru harus bisa efektif memberikan pembelajaran yang menyenangkan, bermakna, dan berdampak pada daya serap anak. ”Maka dari itu, saya harap Implementasi Kurikulum Merdeka dapat meningkatkan kompetensi peserta didik melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran sesuai program dan kebijakan merdeka belajar,” ucap Askari
Dikatakan Askari, kegiatan ini memang bertujuan meningkatkan kompetensi yang berupa pengetahuan keterampilan dan sikap. Peserta akan mempelajari Kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, yakni Kebijakan Kurikulum Merdeka, Penyusunan Kurikulum, Operasional Satuan Pendidikan (KOSP), Pengembangan Perangkat Ajar, Assesmen Pembelajaran, dan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
”Semoga kegiatan Bimtek ini bisa memberikan pengetahuan lebih bagi guru semua dan bisa terus memberikan pelayanan yang luar biasa bagi penerus bangsa,” harap Askari.

Sementara itu, Jabaruddin selaku narasumber pada kegiatan ini mengatakan, sekolah yang sudah mengimplementasikan mandiri berubah sudah wajib melaksanakan kurikum merdeka. Di antaranya Penyusunan Kurikulum, Operasional Satuan Pendidikan (KOSP), Pengembangan Perangkat Ajar
Assesmen Pembelajaran, Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar dan teknologi untuk digitalisasi sekolah.
”Sekolah yang sudah melaksanakan IKM mandiri berubah sudah wajib lakukukan semua itu,” ujar Jabaruddin.

The post Puluhan Guru SMP 21 Tompobulu Ikuti Bimtek IKM appeared first on Berita Kota Makassar.

source