Puasa Melatih Diri untuk Jadi Pemimpin dan Disiplin
axel wiryanto
Sabtu, 25 Maret 2023 03:33 am
dibaca 96 kali

MAKASSAR, BKM — Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan, momen Ramadan menjadi ajang melatih, mengendalikan dan memimpin diri atas nafsu.

Apalagi, dalam Islam segala halnya diatur, termasuk waktu berpuasa juga salat.
“Semua ada waktu-waktunya. Dimulai dengan menentukan hilal atau melihat bulan. Maka dengan itu, di sinilah kita mendidik diri dan melatih kepemimpinan diri. Jika mampu memimpin diri sendiri maka kita akan mampu memimpin keluarga, lalu memimpin masyarakat,” jelasnya.

Jadi, sesungguhnya ibadah puasa ialah ibadah yang luar biasa yang mana membatasi kenyamanan dan kenikmatan duniawi. Jika mampu memimpin diri sendiri maka dijanjikan selamat dunia-akhirat.
Danny Pomanto menyebut, ada tiga komponen penting dalam diri manusia, yakni raga, jiwa dan ruh.
Dalam jiwa ini merupakan tempatnya nafsu. Sementara ruh langsung dari Allah. Oleh karena itu kerap kali banyak orang tidak sadar bahwa dirinya seringkali berdiskusi dengan dirinya sendiri berkaitan dengan hal baik-buruk.
“Misalnya, saat puasa pada siang hari kita kehausan. Nafsu mengatakan minum saja, tidak ada yang lihat tetapi ruh membantahnya; jangan karena itu membatalkan puasa. Nah itu ruh. Ruh langsung dari Allah. Sementara jiwa melekat di diri kita,” sebutnya.

The post Puasa Melatih Diri untuk Jadi Pemimpin dan Disiplin appeared first on Berita Kota Makassar.

source