PTN-BH UT Makassar Gelar Wisuda dan Pengukuhan Pengurus IKA Senin Besok
axel wiryanto
Senin, 22 Mei 2023 17:15 pm
dibaca 105 kali

Dijelaskan, ada dua rangkaian kegiatan dalam rangka wisuda. Yakni seminar akademik yang merupakan bagian dari tradisi setiap pelaksanaan wisuda di UT. Untuk seminar ini, hadir dua pemateri, yaitu Prof Dr. Maximus Gorky Sembiring, M.Sc (Guru Besar Matematika UT) dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel diwakili oleh Andi Nirmawati, S.Pd, M.Pd.

Seminar diikuti para alumni UT Makassar yang akan mengikuti prosesi wisuda. Tema yang diusung adalah Tantangan dan Peluang Dunia Pendidikan di Indonesia dalam Melahirkan Generasi Emas Tahun 2045.

Selain itu, menurut Prof Rahman, cerdas dan berakhlak/bermoral sangat penting dilahirkan oleh pendidikan nasional melalui kebijakan kurikulum di berbagai level. Pada sisi lain teknologi informasi sebagai alat komunikasi dimanfaatkan maksimal untuk peningkatan dan perluasan kesempatan memperoleh pendidikan pada semua level pendidikan.

”Rumusan seminar akademik UT tahun ini diserahkan ke pemangku kepentingan untuk menjadi pertimbangan dalam penyusunan kebijakan pendidikan nasional,” kata Prof Rahman.

Direktur UT Makassar Prof Rahman Rahim menjelaskan bahwa UT Makassar sedang dalam proses penyusunan proposal untuk membuka program studi baru yang sesuai dengan kebutuhan pasar . UT telah mencapai status Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH). Hal ini memungkinkan UT untuk menutup dan membuka program studi sesuai dengan kebutuhan pasar .

Dengan berbagai keunggulan seperti akreditasi institusi dan program studi, beragam aplikasi sistem pembelajaran, serta fleksibilitas dalam kuliah, sehingga UT menarik minat masyarakat Sulsel untuk kuliah di universitas ini.

Lebih lanjut Prof Rahman Rahim menyebut bahwa UT memiliki tingkat penerimaan terbanyak secara nasional dalam penerimaan PNS dan P3K. Hal ini menunjukkan bahwa alumni UT memiliki kompetensi yang tidak hanya relevan dalam penerimaan PNS, tetapi juga dalam menciptakan lapangan kerja.

UT Makassar juga telah membentuk delapan sentra layanan UT (Salut) di beberapa daerah, seperti Gowa, Jeneponto, Maros, Pangkep, Parepare, Palopo, Wajo, dan Bone. Pembentukan Salut ini bertujuan untuk memberikan pelayanan yang lebih dekat kepada masyarakat, terutama di daerah yang sulit dijangkau.

Sebagai Direktur UT Makassar, Prof Rahman Rahim berkomitmen untuk memperluas jaringan sentra layanan UT hingga mencakup 23 kabupaten dan kota di Sulsel. (rls)

 

The post PTN-BH UT Makassar Gelar Wisuda dan Pengukuhan Pengurus IKA Senin Besok appeared first on Berita Kota Makassar.

source