PSM Unhas Berjaya di World Choir Games Korsel
axel wiryanto
Thursday, 20 July 2023 16:05 pm
dibaca 126 kali

”Saya juga melihat PSM Unhas sudah terkenal dan sering ke luar negeri,” imbuhnya.
Cakra yang merupakan penyanyi PSM Unhas, mengaku ada banyak manfaat yang diperolehnya setelah bergabung dengan paduan suara. Di antaranya bisa memenej waktu, dapat prestasi, dan relasi. Bahkan ketika ikut ajang di Korsel, ada banyak teman baru yang didapatkannya.

Mereka berasal dari Amerika, Australia, New Zaelan, hingga Afrika Selatan. ”Saya juga bisa melihat dunia baru di luar sana, yaitu Korea Selatan,” kata mahasiswa jurusan Sastra Prancis, Fakultas Ilmu Budaya ini.
Aktif di PSM Unhas dan berlomba di kancah internasional, menurut Cakra, tidak mengganggu perkuliahan. Dirinya berusaha menyeimbangkan antara kegiatannya di luar dengan kuliah.

Ia juga sempat mengikuti event yang dilaksanakan Lysbon Portugas. Berhasil meraih juara, Cakra disukai oleh dosen. Apalagi setelah juara di Korsel, dosennya bertambah suka lagi.

Karena prestasi yang diraihnya berdampak pada jurusan dan fakultas untuk akreditas.
Di bagian lain penjelasannya, Ari menyebut bahwa dirinya telah melatih PSM Unhs sejak 2006. Ia juga sempat mengikuti World Choir Games yang dilaksanakan di Cina. Tapi PSM Unhas kala itu hanya sampai babak penyisihan, karena memang baru ikut.
Ditanya tentang rahasia PSM Unhas bisa meraih prestasi seperti saat ini, Ari mengungkap bahwa itu terletak pada proses rekruitment. ”Pilih orang yang punya komitmen. Tidak memilih penyanyi, tapi pejuang. Pejuang yang bisa bernyanyi. Setelah dilihat dan diseleksi, mereka harus mengorbankan banyak waktu. Karena latihan dilaksanakan dari pukul 5 sore (17.00) hingga 11 malam (23.00) setiap hari. Mereka tidak punya waktu di rumah sehingga dan membawa tugas-tugasnya ke tempat latihan. Punya komitmen kuat dan latihan keras itu intinya,” tandasnya. (*/rus)

The post PSM Unhas Berjaya di World Choir Games Korsel appeared first on Berita Kota Makassar.

source