PSKH Unhas Gelar Pendampingan Bagi Komunitas Pecinta Hewan
axel wiryanto
Thursday, 29 June 2023 06:58 am
dibaca 169 kali

Ketua panitia kegiatan Dr. drh. Dwi Kesuma Sari, AP.Vet, mengatakan pelaksanaan kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang memiliki hewan peliharaan, terutama kucing.

Salah salah satu komponen penting dalam pemeliharaan hewan kesayangan tersebut adalah grooming. Hal itulah yang membuat mahasiswa PSKH Unhas membuat program pendampingan grooming legeartis.
Grooming ini bertujuan agar hewan peliharaan dapat terhindar dari penyakit kulit ataupun penyakit lain yang bisa timbul akibat teknik grooming yang tidak tepat. Selain itu, grooming ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh hewan peliharaan agar tidak mudah terserang penyakit.
Hal lain yang tidak kalah penting adalah grooming ini mencegah penularan penyakit dari hewan ke manusia atau sebaliknya (zoonosis) seperti penyakit ringworm, scabies, dan infestasi parasit lainnya. Terakhir, grooming ini juga dapat menjadi solusi bagi masyarakat untuk lebih menghemat biaya pemeliharaan hewan kesayangannya, mengingat bahwa biaya yang harus dikeluarkan oleh pemilik hewan kesayangan untuk melakukan grooming sekitar Rp70.000-Rp150.000 per kucing tiap kali grooming.

Peran mahasiswa, jelas drh Dian Fatmawati, M.Biomed, turut membantu dalam pembuatan video edukasi, persiapan kegiatan, dan pelaksanaan kegiatan.

Salah seorang anggota tim drh Rini Amriani,M.Biomed menambahkan untuk lebih memudahkan kerja-kerja organisasi pihaknya telah membentuk tim yang terdiri dari Dr.

drh. Dwi Kesuma Sari, AP.Vet selaku ketua, drh Dian Fatmawati, M.Biomed , drh. Rini Amriani, M.Biomed, drh. Muh. Zulfadillah Sinusi, M.Sc, drh. Macruf Arif, M.Sc sebagai anggota. Dibantu tiga tim dokter lainnya, yaitu drh. Musdalifah, M.Biomed, drh. Suci Ramadhani, dan drh Annisa Putri.
Tim yang dibentuk, jelas drh Rini Amriani, telah menerbitkan buku saku, kemudian diserahkan secara gratis kepada peserta pelatihan. Selain itu, peserta juga mendapatkan video edukasi mengenai syarat grooming, keuntungan dan kerugian jika tidak melakukan grooming secara teratur, serta tata cara grooming secara legeartis yang dapat digunakan oleh pemilik hewan kesayangan sebagai panduan dalam melakukan grooming terhadap hewan kesayangannya di rumah.

Kegiatan pendampingan grooming ini dirangkaikan dengan kegiatan lain seperti pemeriksaan hewan kesayangan, pemeriksaan kebuntingan, pemberian obat cacing, dan vaksinasi rabie. Sebanyak 50 ekor kucing turut serta pada kegiatan kali ini dengan didampingi oleh 42 orang pemilik.

“Pendampingan grooming secara legeartis ini menjadi sebuah bentuk pengabdian dengan subsidi biaya yang harusnya dikeluarkan oleh pemilik kucing hingga ratusan ribu per kucing per kali grooming jika ingin melakukan grooming di klinik swasta,” ujar drh. Muh. Zulfadillah Sinusi, M.Sc.

Ditambahkan drh. Rini Amriani, M.Biomed, tim mahasiswa yang dibentuk dapat membantu secara teknis dalam tahap sebelum dan saat pelaksanaan kegiatan sebagai pendamping dokter.

Turut hadir pada kegiatan ini Ketua Prodi Kedokteran Hewan Dr.

drh. Dwi Kesuma Sari, AP.Vet sekaligus Ketua Panitia,
Direktur RSHP drh. A. Magfira Satya Apada, M.Sc, tim dosen Prodi Kedokteran Hewan, Dr. drh. Fika Yuliza Purba, M.Sc, Abdul Wahid J, S.Farm., Apt., M.Si, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, yang mewakili Bupati Pangkep H. Ahmad Ansar Paduwai, S.H, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pangkep Ir. Agustina Wangsa, M.T didampingi Kepala Bidang Darmawangsa, S.P, serta Ketua KIKST Nikka Primiastri Yosi Reapradana. (rls)

The post PSKH Unhas Gelar Pendampingan Bagi Komunitas Pecinta Hewan appeared first on Berita Kota Makassar.

source