Program Ketahanan Pangan Lantamal VI Sasar Gowa
axel wiryanto
Wednesday, 14 August 2024 00:32 am
dibaca 64 kali

GOWA, BKM — Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengapresiasi Program Ketahanan Pangan Lantamal VI yang sasar wilayah Kabupaten Gowa.
Kegiatan baksos yang digelar sehari pada Sabtu (10/8), meliputi berapa kegiatan. Yakni penanaman pohon pisang cavendish, juga dilakukan bakti kesehatan, bakti sosial dan makan siang bergizi gratis melalui gemar makan ikan untuk anak sekolah.

Rangkaian baksos ini disaksikan langsung Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) dan Ketua Umum Jalasenastri yang terpusat di Desa Tamanyelleng, Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa.
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, sangat mengapresiasi program ketahanan pangan yang digelontorkan TNI Angkatan Laut ini.
”Kami sangat mengapresiasi program ketahanan pangan ini, apalagi karena Gowa sebagai lokus sasarannya.

Tentunya, pemerintah kabupaten akan terbantu sehingga kami akan ikut berperan dalam mensukseskan program ini,” kata Adnan.

Dalam kesempatan itu, Danlantamal VI Brigjen TNI Andi Rahmat mengajak pemerintah daerah juga pihak swasta turut mensukseskan program ini. Apalagi dalam program tersebut banyak kegiatan disertakan seperti penanaman pohon pisang cavendish, bakti kesehatan (donor darah), bakti sosial (khitanan massal) dan makan siang bergizi gratis melalui gemar makan ikan untuk anak sekolah.
”Hari ini kita lakukan berbagai kegiatan salah satunya bakti kesehatan yang didalamnya ada donor darah, pemeriksaan kesehatan bagi warga setempat dan penanaman.

Terimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam program ini salah satunya Pemerintah Kabupaten Gowa,” kata Brigjen TNI Andi Rahmat.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Muhammad Ali mengatakan program ketahanan pangan ini sangat membantu khususnya dalam memastikan dan menjamin kesejahteraan wilayah.
”Dalam upaya mendukung program ketahanan pangan nasional kolaborasi antara TNI Angkatan Laut dan aparat pemerintah daerah sangatlah penting. TNI Angkatan Laut berkomitmen untuk bekerjasama terus dengan pemerintah daerah dalam berbagai program termasuk kegiatan penanaman pisang cavendish yang kita laksanakan hari ini,” kata Laksamana TNI Muhammad Ali.

Disebutkannya, program ini tidak hanya fokus pada ketahanan pangan tapi juga berusaha memanfaatkan potensi besar yang dimiliki daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
”Keberadaan pangkalan utama TNI Angkatan Laut VI Makassar merupakan langkah konkrit dalam upaya menjaga keamanan di wilayah laut Sulawesi Selatan dan hal ini menunjukkan komitmen yang kuat dari kami untuk memastikan bahwa setiap jengkal perairan Indonesia terlindungi dengan baik termasuk di wilayah perairan Sulawesi Selatan,” tandas Kasal, Laksamana TNI Muhammad Ali.
Dalam rangkaian kegiatan tersebut, ada beberapa kegiatan dilakukan seperti penanaman bibit pisang cavendish di lahan tidur milik PT Gowa Makassar Tourism Development (GMTD) seluas 25 hektare, pengobatan umum, pemeriksaan gigi dan mulut, khitanan massal bagi masyarakat sekitar, pemberian tali asih berupa paket sembako dan penyediaan makan siang bergizi. (sar)

source