Site icon ROVINDO

PPN/Bappenas Petakan Kebutuhan Infrastruktur Strategis Sulawesi

MAKASSAR, BKM – Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) menggelar Forum Infrastruktur Wilayah (FIW) untuk area Sulawesi, Kamis (21/9) di Hotel The Rinra Makassar. Forum ini untuk menyerap aspirasi daerah seluruh daerah yang ada di wilayah Sulawesi terkait ketersediaan infrastruktur dalam mendorong pengembangan komoditas unggulan.
Agenda yang melibatkan pemerintah daerah, akademisi, dan pelaku usaha itu juga membahas kendala (bottleneck), tantangan, dan kesenjangan (gap) yang dihadapi.

Deputi Sarana dan Prasarana Kementerian PPN/Bappenas Ervan Maksum, mengatakan FIW ini dilaksanakan untuk menggali informasi terkait infrastruktur strategis apa saja yang akan dibangun terlebih dahulu untuk provinsi di Sulawesi.
“Secara substansial, FIW ini bertujuan untuk mendiskusikan ketersediaan infrastruktur dalam mendukung pengembangan komoditas unggulan lalu mendiskusikan tantangan, kendala (bottleneck), dan kesenjangan (gap) penyediaan infrastruktur dalam mendukung pengembangan komoditas unggulan daerah dan usulan pembangunan infrastruktur strategis” ungkap Ervan.

Adapun pembangunan infrastruktur wilayah dilakukan guna mendukung Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2023, khususnya prioritas nasional lima, yaitu memperkuat infrastruktur untuk mendukung pengembangan ekonomi dasar.
Selain itu, pembangunan infrastruktur wilayah juga menjadi bagian dari rangkaian pengendalian pencapaian pembangunan infrastruktur nasional dan perencanaan pengembangan infrastruktur strategis nasional.

Dalam menyusun rencana pembangunan infrastruktur wilayah, dilakukan preliminary study Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2025-2029 dan RPJPN (Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional) 2025-2045 sektor pembangunan infrastruktur.
“Bagi kami, seluruh masukan yang dihasilkan dari FIW Sulawesi 2023 ini akan kami pergunakan sebagai bahan pertimbangan dalam mempertajam perencanaan penyediaan infrastruktur ke depan,” jelas Ervan.
Forum ini diharapkan dapat informasi yang dibutuhkan dalam mendukung pengembangan wilayah dan menjadi bahan masukan dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2025-2029. (rhm)

The post PPN/Bappenas Petakan Kebutuhan Infrastruktur Strategis Sulawesi appeared first on Berita Kota Makassar.

source

Exit mobile version