Polres Sidrap Gelar Latber Dalmas
axel wiryanto
Wednesday, 11 October 2023 15:24 pm
dibaca 115 kali

SIDRAP, BKM — Polres Sidrap menyiapkan sejumlah personel yang akan diterjunkan di lapangan menjelang Pemilu 2024. Hal ini guna mendukung aspek pengamanan jalannya pesta demokrasi.
Sebagai persiapan, sejumlah personel rutin melaksanakan pelatihan pengendalian massa (dalmas) di halaman Mapolres Sidrap, Selasa (10/10).
Pelaksanaan pelatihan Dalmas dipimpin Kasat Samapta Polres Sidrap AKP Agung bersama personel Sat Samapta, Gabungan Staf dan personel jajaran Polsek Polres Sidrap.

Kapolres Sidrap AKBP Erwin Syah mengatakan pelaksanaan latihan Dalmas dilakukan untuk meningkatkan kemampuan fisik, keterampilan dan kesiapsiagaan personil dalam menghadapi perkembangan situasi kamtibmas saat di lapangan.
“Pelatihan Dalmas juga dilaksanakan untuk menyikapi kesigapan personel Polres Sidrap dalam menghadapi pesta demokrasi atau pemilu serentak 2024 mendatang”, Ujar Kapolres Sidrap.

“Dengan dilaksanakannya pola pelatihan secara rutin ini, secara tidak langsung juga dapat meningkatkan kemahiran dan keterampilan personel saat menghadapi massa”, Jelas Kapolres Sidrap.
“Pelatihan Dalmas juga dapat membentuk mental emosional yang stabil. Artinya, personel dapat mengendalikan dirinya dengan baik sehingga apabila sampai terjadi unjuk rasa saat pesta demokrasi nantinya personel tetap humanis tidak sampai melakukan perbuatan anarkis yang tentunya ini tidak dibenarkan,” terang Erwin Syah.

Usai latihan bersama Dalmas, Kapolres Sidrap langsung menggelar Rapat Koordinasi Kesiapan Operasi Mantap Brata 2023-2024 dalam rangka Pengamanan Pemilu Tahun 2024.

Rakor Kesiapan Operasi Mantap Brata dipimpin Kapolres Sidrap AKBP Erwin Syah.
Kapolres Sidrap AKBP Erwin Syah,S.I.K menyampaikan Rakor Kesiapan Operasi Mantap Brata yang dilaksanakan tidak lain untuk menyatukan persepsi dan memantapkan sinergitas dalam menghadapi Pemilu sehingga suasana tetap kondusif demi mewujudkan Pemilu yang aman, Damai, Jujur dan Adil.
“Satu hal yang terpenting dalam menyongsong demokrasi yaitu terpenuhinya hak hak masyarakat dalam pelaksanaan pemilu, yaitu Pemilihan Pimpinan rakyat yang baik dan jujur serta berkomitmen sehingga Pemilu ini merupakan pintu gerbang mewujudkan pemerintah yang efektif guna mempercepat pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat”, ujar Kapolres.
Kapolres Sidrap berharap dalam rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka kesiapan Pengamanan pemilu tahun 2003-2024 ini sebagai upaya untuk meningkatkan dan memantapkan keterpaduan tugas dan fungsi dinas instansi sehingga penyelenggaraan pemilu dapat berlangsung sebagaimana yang diamanatkan dalam undang-undang dasar nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilihan.
(ady/C)

The post Polres Sidrap Gelar Latber Dalmas appeared first on Berita Kota Makassar.

source