Pohon Tumbang di Poros Bantimurung Picu Kemacetan
axel wiryanto
Monday, 15 January 2024 08:00 am
dibaca 98 kali

MAROS, BKM — Hujan deras yang mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Maros mengakibatkan pohon tumbang di jalan Poros Bantimurung Kelurahan Kalabbirang, Kecamatan Bantimurung, Minggu dinihari (14/1). Akibat batang pohon yang melintang di tengah jalan, membuat kemacetan dari dua arah.
Kapolsek Bantimurung, AKP Makmur bersama personel Polsek Bantimurung Polres Maros mendatangi lokasi bersama petugas BPBD dan PLN untuk membersikan batang pohon yang menutup jalan poros Maros Bantimurung-Bone.

Kapolsek Bantimurung mengatakan, peristiwa itu terjadi Minggu, 14 Januari 2024 sekitar pukul 00.40 Wita. ”Lokasi di jalan poros Maros-Bone km 10.

Tepatnya di Kelurahan Kalabbirang, Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros. Sebatang pohon dengan panjang ± 10 meter, lebar diameter ± 60 cm tumbang akibat cuaca, hujan deras, dan angin kencang,” katanya
Akibat pohon tumbang yang melintang ke jalan, sehingga jalan poros penghubung ke kabupaten Bone tertutup dan tidak dapat dilewati kendaraan selama beberapa jam.

”Karena jalan tertutup, personel Polsek Bantimurung yang dipimipin oleh Kapolsek Bantimurung melakukan pengaturan dan pengamanan arus dan sambil dilakukan evakuasi pohon yang tumbang tersebut,” sambung Makmur.
Disebutkan Makmur, pohon tersebut tumbang akibat intensitas curah hujan tinggi disertai angin kencang, mengakibatkan menimpa satu unit mobil pick up warna biru.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun kerugian ditafsir kerugian material sekitar Rp5 juta akibat kerusakan kendaraan tersebut. Personel dari PLN, BPBD Kabupaten Maros, bersama personsl Polsek Bantimurung dibantu warga sekitar melakukan pemotongan dahan dan ranting pohon yang melintang di jalan.
Setelah di lakukan evakuasi dengan memotong batang dan ranting serta pembersihan, arus lalu lintas bisa dilewati lagi. (ari/c)

source