PLN Nusantara Power UPDK Bakaru Lanjutkan Program Agroforestry di DAS Mamasa
axel wiryanto
Monday, 14 August 2023 11:00 am
dibaca 146 kali

MAMASA, BKM — Dalam upaya menguatkan dan melanjutkan program agroforestry di Daerah Aliran Sungai (DAS) Mamasa PLN Nusantara Power UPDK Bakaru bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Mamasa, Drs Welem, turut serta dalam penyaluran bibit alpukat kepada warga Desa Balla, Kamis, 10 Agustus 2023.
Acara ini bertujuan mendukung pengembangan agroforestry dalam upaya pelestarian lingkungan dan kesejahteraan masyarakat. Program agroforestry DAS Mamasa PLN Nusantara Power UPDK Bakaru merupakan inisiatif yang telah berjalan selama dua tahun berturut-turut. Fokus utamanya pada pengembangan tata kelola lahan berbasis keberlanjutan dan pemenuhan kebutuhan masyarakat lokal.
Dalam kegiatan penyaluran bibit alpukat di PLTM Balla, Welem didampingi Sekretaris Desa Balla, Lazarus Demmatande dan perwakilan masyarakat setempat. Total 1.000 bibit alpukat diberikan kepada warga desa yang merupakan hasil pembibitan mandiri yang dilaksanakan di Rumah Pembibitan PLTM Balla.
Kadis DLHK Kabupaten Mamasa, Welem, menyambut baik kolaborasi ini dan mengungkapkan rasa terima kasihnya terhadap PLN Nusantara Power UPDK Bakaru. ”Kami berharap program ini terus berlanjut dan semakin berkembang. Bibit-bibit alpukat ini akan kami tanam dengan penuh perhatian. Dan kami siap bekerja sama dalam menjaga keberhasilan program agroforestry ini,” tegas Welem.
Program agroforestry DAS Mamasa bukan hanya bertujuan mengurangi dampak sedimentasi tinggi di DAS Mamasa yang merupakan sumber air untuk kebutuhan operasi PLTA Bakaru, tetapi juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Kolaborasi antara PLN Nusantara Power UPDK Bakaru, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan masyarakat setempat dalam pelaksanaan program ini menjadi contoh nyata upaya bersama untuk keberlanjutan sumber daya alam.
Dengan penyaluran bibit alpukat yang disaksikan Kepala DLH Kabupaten Mamasa, langkah nyata telah diambil dalam mendukung program agroforestry DAS Mamasa yang telah memasuki tahun kedua.
Program ini diharapkan dapat terus memberikan manfaat positif bagi lingkungan dan masyarakat desa setempat. Sekaligus menjadi inspirasi bagi upaya pelestarian alam di berbagai daerah. (mir)

The post PLN Nusantara Power UPDK Bakaru Lanjutkan Program Agroforestry di DAS Mamasa appeared first on Berita Kota Makassar.

source