Site icon ROVINDO

PKM Fapet Unhas Lakukan Pendampingan Penggunaan Mixer Vertikal di Gowa

GOWA, BKM — Tim pengabdian kepada masyarakat Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin (Fapet Unhas) melaksanakan kegiatan pendampingan penggunaan mixer vetikal dalam pencampuran ransum ayam petelur.

Kegiatan pendampingan dilaksanakan di Patalassang Farm PT Patalassang Mandiri Sejahtera di Desa Timbuseng,  Kecamatan Patalassang, Kabupaten Gowa, Sabtu (21/9/2024).

Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Implementation Arrangement/IA antara PT Patalassang Mandiri Sejahtera dan Fakultas Peternakan Unhas dalam hal ini Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Dr.Ir.Sri Purwanti, S.Pt, M.Si, IPM, ASEAN Eng menyampaikan bahwa, pendampingan penggunaan mixer vertikal dalam pencampuran ransum ayam petelur yang dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas atau kemampuan sumberdaya manusia khususnya karyawan dalam melakukan mixing pakan.

Manager Farm Patalassang Farm PT Patalassang Mandiri Sejahtera Musmulyadi, S.Pt mengucapkan terima kasih kepada tim pengabdian Fakultas Peternakan Unhas yang telah bermitra dengan Patalassang Farm, sehingga pihak Patalassang Farm dapat mendapatkan manfaat dengan penambahan pengetahuan dan keterampilan khususnya para karyawan dalam melakukan pencampuran pakan.

Pencampuran ransun ayam petelur dengan mixer vertikal dilakukan dengan mengikuti SOP pencampuran pakan yang telah dijalankan oleh pihak mitra, dan tim pengabdian memberikan saran dan masukan yang perlu disempurnakan dalam proses mixing yang dipandu oleh Abdul Alim Yamin, S.Pt, M.Si.

Kegiatan pendampingan ini dihadiri Plt Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Gowa M.Chaerul Aswar. Chaerul menyampaikan Pemerintah Kabupaten Gowa mengapresiasi dan berterima kasih kepada Fakultas Peternakan Unhas yang meluangkan waktu dan kesempatan untuk berkontribusi meningkatkan sumberdaya manusia peternak di Kabupaten Gowa. Diharapkan kegiatan ini terus dilaksanakan secara berkesinambungan.

Beberapa hal yang perlu ditindaklanjuti dan disepakati dalam bentuk Rencana Tindak Lanjut sebagaimana disampaikan Prof.Dr.Jasmal A Syamsu adalah melakukan pre-mixing untuk bahan premix terlebih dahulu sebelum dilakukan pencampuran konsentrat, jagung dan dedak padi.

Selain itu, menurut Prof Jasmal adalah melakukan pengujian waktu mixing terbaik sehingga homogenitas ransum dapat tercapai dengan kualitas nutrisi terbaik.

Tim pengabdian masyarakat Fapet Unhas ini dipimpin Ketua Tim Dr.Ir.Sri Purwanti, S.Pt, M.Si, IPM, ASEAN Eng, dengan anggota tim Dr.Ir.Hikmah M Ali, Dr.Ir.Nahariah,S.Pt, drh.Farida Nur Yuliati, M.Si, Dr.Muh.Hatta,S.Pt,M.Si, Prof.Dr.Jasmal A Syamsu, dan Abdul Alim Yamin S.Pt, M.Si. (rls)

source

Exit mobile version