Site icon ROVINDO

PKK Gowa Gagas Rumah Dilan Bagi Perempuan dan Anak

GOWA, BKM — Satu terobosan TP PKK Kabupaten Gowa adalah menggagas Rumah Pendidikan dan Keterampilan (Dilan) bagi perempuan dan anak. Inovasi ini telah dilaunching serentak di 18 TP PKK kecamatan se-Kabupaten Gowa.

Launching program baru ini terpusat Baruga Tinggimae kompleks rumah jabatan bupati Gowa, Rabu (9/10) dan dihadiri seluruh pengurus TP PKK kecamatan.
Ketua TP PKK Gowa, Priska Paramita Adnan, dalam launching yang dihadiri Ketua DWP Gowa Suryanti Andy Azis mengatakan, Rumah Dilan yang tersebar di 18 kecamatan akan menjadi sarana pendorong bagi peningkatan dan pembinaan perempuan.

Termasuk melatih para perempuan menjadi pelaku UMKM. Sebab dengan menciptakan perempuan yang berdaya secara ekonomi alam mewujudkan keluarga sejahtera.
”Perempuan dianggap sebagai tiang keluarga. Karena itu perempuan ketika mampu berdaya dan meningkatkan ekonomi keluarga maka derajat dan martabat keluarganya juga akan ikut terangkat. Makanya tugasnya adalah memberikan pelatihan, memberikan pengetahuan, menambahkan keterampilan bagi perempuan,” jelas istri Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan.
Rumah Dilan ini juga hadir untuk melatih anak-anak putus sekolah agar juga bisa mandiri dengan berbagai keterampilannya.

”Jadi Rumah Dilan ini harus mampu menjawab kebutuhan dengan meningkatkan pendidikan dan keterampilan sesuai kebutuhannya,” kata Priska.
Diakui Priska, gerakan PKK turut hadir dalam menempatkan keluarga sebagai pelopor perubahan. Misi gerakan PKK ini adalah meningkatkan pendidikan dan ekonomi keluarga melalui program Gerakan Keluarga Indonesia dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Pengelolaan Ekonomi atau Gelari Pelangi.
”Jadi Gelari Pelangi ini tugasnya adalah meningkatkan kualitas pendidikan, meningkatkan kualitas keterampilan dan penguatan ekonomi keluarga. Nah turunan dari Gelari Pelangi itu adalah Rumah Dilan ini,” sebutnya.

Ketua Panitia Launching, Andi Rachmawati, mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini merupakan salah satu program unggulan dari TP PKK yakni Gelari Pelangi.
”Gelari Pelangi diharapkan dapat menjawab tantangan yang dihadapi masyarakat di era transformasi ekonomi dan digital,” kata Andi Rachmawati. (sar)

source

Exit mobile version