Pj Wali Kota Luncurkan Program Kolaborasi
axel wiryanto
Sunday, 21 July 2024 18:18 pm
dibaca 117 kali

PAREPARE, BKM — Pj Wali Kota Parepare, Akbar Ali meluncurkan program kolaborasi dalam penanganan kemiskinan di Ruang Pola Kantor Wali Kota Parepare, Kamis (18/7). Akbar mengapresiasi positif program ini sebagai bentuk dukungan implementasi mandatori dari pemerintah pusat untuk penghapusan kemiskinan ekstrem.

Pemkot Parepare berkolaborasi Kementerian Agama, Baznas, dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) dalam penanganan kemiskinan khususnya dalam upaya penghapusan kemiskinan ekstrem di Parepare. Kolaborasi itu melahirkan program bantuan langsung berkelanjutan kepada masyarakat miskin ekstrem non produktif.

Secara khusus, Akbar berterima kasih kepada Bappeda Parepare, Kemenag Parepare, Baznas Parepare, dan LAZ atau Lembaga Pengelola Zakat yang terdiri dari LazisMu, Kurir Langit, Wahdah Inspirasi Zakat, dan BM Hidayatullah, yang telah menginisiasi dan berkolaborasi program Bantuan Langsung Berkelanjutan ini.
Sementara Kepala Kemenag Parepare, H Fitriadi juga secara khusus mengapresiasi Pj Wali Kota yang memberikan dukungan penuh untuk pelaksanaan program ini. Kepala Bappeda Parepare, Zulkarnaen Nasrun dalam laporannya mengungkapkan, program ini menyasar 38 orang masyarakat miskin ekstrem yang tersebar di beberapa Kelurahan di Parepare.

Program yang merupakan kolaborasi Pemkot Parepare, Kemenag, Baznas, dan LAZ ini diimplementasikan melalui pemberian bantuan langsung berupa uang tunai ataupun natura senilai Rp400 ribu – Rp450 ribu per orang per bulan secara berkelanjutan.
Zulkarnaen mengemukakan, 38 orang sasaran atau penerima manfaat ini, semuanya telah dikunjungi langsung oleh masing-masing Lembaga Pengelola Zakat, Baznas, dan Kemenag untuk memastikan bahwa mereka betul-betul layak menerima bantuan langsung tersebut. (mup/C)

source