Pj Wali Kota Lantik Pengurus Kosti
axel wiryanto
Senin, 26 Februari 2024 18:22 pm
dibaca 53 kali

PAREPARE, BKM — Pemkot Parepare melantik pengurus Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Kota Parepare di Taman Mattirotasi Jalan Mattirotasi Kota Parepare Sabtu (24/2). Pelantikan komunitas masih dalam rangkaian perayaan HUT Kota Parepare yang ke 64 dan dihadiri Pj Wali Kota Parepare Akbar Ali didampingi Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Iskandar Nusu.
Pj WaliKota Parepare, Akbar Ali memberikan ruang kepada pengurus Kosti Parepare yang sekaligus dirangkaikan dengan HUT Kosti Parepare yang ke 16, serta terus dilakukan pemberdayaan pelestarian sepeda tua.
Akbar berjanji memberikan support bagi komunitas pecinta sepeda tua yang ada di kota cinta Habibie Ainun Parepare menjadikan kota wisata dan kota tujuan investasi.

”Kami dari Pemkot memberikan support terhadap kecintaan kita terhadap sepeda ontel, ini ada pak Kadis Pora agar diberikan ruang kepada saudara kita,”ujar Akbar.
Pada kegiatan tersebut dihadiri pengurus Kosti dari 12 Kabupaten/Kota dan ada satu dari Sulawesi Barat. Kegiatan Kosti Parepare ini berlangsung selama dua hari, (Sabtu – Minggu).
Ketua Kosti Parepare, Ikbal Rahim Gani mengatakan selama dua hari itu akan digelar perlombaan peserta sepeda terbanyak, peserta sepeda termuda dan pawai keliling kota Parepare.

“Kami ada lomba-lomba serta pawai keliling kota sambil melakukan penghormatan di monumen korban 40 ribu jiwa,” tandas Ikbal.
Menurut Ikbal, pasca pelantikan pengurus, pihaknya akan menyusun rencana kerja kedepannya sambil membenahi management yang ada selama ini kita lakukan. “Pelan-pelan kita benahi sambil jalan,” singkatnya.
Seperti diketahui, komunitas sepeda tua di Indonesia berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir tersebar diberbagai daerah kabupaten kota se Indonesia. Mereka biasanya terdiri dari penggemar sepeda tua, baik yang koleksi sebagai hobi atau digunakan sebagai sarana transportasi sehari-hari.
Komunitas ini sering mengadakan acara seperti pameran sepeda tua, tur keliling kota, dan kegiatan sosial lainnya yang dilaksanakan dengan semangat bagi pecinta dan hobby pada sepeda tua itu. Mereka juga aktif dalam memperjuangkan pelestarian sepeda tua dan budaya sepeda di Indonesia.
Salah satu komunitas terkenal adalah “Sepeda Onthel Community Indonesia” yang memiliki anggota dari berbagai daerah di Indonesia terus berkembang pesat selama ini. (mup/C)

source