PIN Polio Upaya Melindungi Anak
axel wiryanto
Saturday, 27 July 2024 06:37 am
dibaca 54 kali

MALILI, BKM — Pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tahun 2024 di Kecamatan Tomoni Timur dilaksanakan dengan meriah di Posyandu Melati Desa Kertoraharjo baru-baru ini. Acara ini dihadiri berbagai pejabat dan tokoh masyarakat setempat, termasuk Camat Tomoni Timur Yulius, Kepala Puskesmas Tomoni Timur Niluh Gede Sumardani, Bidan Desa Kertoraharjo, para kader Posyandu, serta petugas PIN Polio dari PKM Kertoraharjo.

Kepala Puskesmas Tomoni Timur Niluh Gede Sumardani menekankan pentingnya imunisasi polio sebagai langkah protektif untuk melindungi anak-anak dari penyakit polio yang disebabkan oleh virus polio.

“Polio dapat menyebabkan kelumpuhan permanen dan bahkan kematian akibat gagalnya atau lumpuhnya sistem pernapasan,” kata Ni Luh. Beliau juga mengajak seluruh ibu-ibu untuk aktif membawa anak-anak mereka ke Posyandu guna mendapatkan imunisasi polio.
Sementara Camat Tomoni Timur Yulius menekankan mengenai pentingnya vaksinasi polio bagi anak-anak. “Vaksinasi polio merupakan salah satu upaya yang sangat penting untuk memastikan anak-anak kita terlindungi dari penyakit yang dapat mengakibatkan kelumpuhan ini,” ujarnya.
Yulius juga mengimbau kepada seluruh ibu-ibu di wilayahnya untuk berperan aktif dalam program imunisasi ini dengan membawa anak-anak mereka ke Posyandu. “Ayo kita bersama-sama berikan perlindungan terbaik untuk anak-anak kita dengan vaksinasi polio,” ajaknya.

Sebagai simbolis pencanangan PIN Polio, Camat Tomomni Timur kemudian melakukan tetes vaksin perdana kepada salah seorang anak , sekaligus menandai dimulainya pekan imunisasi di wilayah tersebut dan diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya imunisasi polio serta meningkatkan cakupan vaksinasi di Kecamatan Tomoni Timur.
Adapun total cakupan pelaksanaan PIN Polio Putaran 1 untuk Puskesmas Tomoni Timur mencapai 440 anak dengan rincian ,Usia 0-59 bulan: 210 anak, Usia 5 – <7 tahun: 74 anak dan Usia 7 tahun: 156 anak. (rls)

source