Pimpinan Unhas Dampingi Delegasi KKN Kebangsaan di Ambon
axel wiryanto
Saturday, 27 July 2024 01:37 am
dibaca 78 kali

MAKASSAR, BKM — Pimpinan Universitas Hasanuddin (Unhas) kembali mendampingi langsung delegasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan. Kali ini dilakukan oleh ketua dan sekretaris Senat Akademik Unhas.

Kamis, 25 Juli 2024, rombongan tiba di Bandar Udara Internasional Pattimura, Ambon, Maluku membawa semangat baru bagi program yang diinisiasi oleh Unhas sejak belasan tahun lalu.

Setelah pelepasan dilakukan oleh Rektor Unhas Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc, selanjutny Ketua Senat Akademik Unhas Prof. Dr. Bahruddin Thalib, drg., M.Kes., Sp.Pros(K) dan Sekretaris Senat Akademik Unhas Prof. Dr. Ir. Budimawan, DEA., bersama perwakilan pimpinan universitas hadir untuk memberikan dukungan penuh.

Prof. Bahar mengungkapkan bahwa kehadiran mereka ini bukan hanya untuk memberikan semangat kepada para peserta, tetapi juga untuk memperkuat komitmen Unhas terhadap KKN Kebangsaan yang kini telah diadopsi sebagai program nasional.

“Kami ingin memastikan bahwa program ini terus memberikan kontribusi nyata dalam mengatasi isu-isu strategis di berbagai daerah,” ujarnya.

Prof. Budimawan selaku Sekretaris Senat Akademik Unhas menambahkan bahwa KKN Kebangsaan
diharapkan terus berkembang menjadi program nasional yang signifikan. Dirinya menyatakan
harapannya agar program ini seperti bola salju, dapat membawa dampak positif yang semakin besar di berbagai daerah. Fokus KKN Kebangsaan di Ambon kali ini adalah membangun kebersamaan dan kebhinekaan.

Turut hadir dalam rombongan adalah Dr. Hasrullah, MA, selaku dosen Unhas sekaligus salah satu inisiator KKN Kebangsaan; Direktur Transformasi Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Sahriyanti Saad, S.Hut., M.Si., Ph.D., Ketua Subdirektorat Pendidikan Berbasis Pengabdian kepada Masyarakat Dr. Ir. SyarifuddinMabe Parenreng, ST., MT., IPU., CSRS., CRMP., DPK KKN Kebangsaan drg. Nursyamsi, M.Kes., dan Hijermawaty Asaad, SP., selaku staf Subdirektorat Pendidikan Berbasis Pengabdian Kepada Masyarakat.

Delegasi ini kemudian diarahkan ke Rindam untuk menerima pembekalan sebelum ditempatkan di lokasi KKN masing-masing.

Kehadiran pimpinan Unhas ini diharapkan memberikan dorongan moral dan motivasi kepada para peserta KKN Kebangsaan, sekaligus menegaskan pentingnya peran universitas dalam mendorong pembangunan sosial dan kebhinekaan di Indonesia.

Dengan dukungan yang kuat dari pihak universitas, program KKN Kebangsaan di Ambon ini diharapkan mampu menjadi contoh yang sukses dan inspiratif bagi kegiatan serupa di masa depan. (rls)

source