Pilgub Sulsel Ditentukan Hasil Pilpres
axel wiryanto
Friday, 30 December 2022 01:13 am
dibaca 135 kali

KONTESTASI pemilihan gubernur (Pilgub) Sulsel masih cukup lama yakni akhir November 2024 mendatang, namun sejumlah figur sudah gencar bergerak mempopulerkan diri.
Sebut saja Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaimann (ASS), Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, mantan Walikota Makassar dua periode Ilham Arief Sirajuddin (IAS), Walikota Makassar Moh Ramdhan (Danny) Pomanto, Walikota Parepare Taufan Pawe (TP), dan Waketum DPP Golkar Nurdin Halid (NH).

Namun ada dua figur Ketua partai besar di Sulsel yang hingga saat ini belum aktif bergerak, yakni Ketua DPD Gerindra Sulsel Andi Iwan Darmawan Aras (AIA) dan Ketua DPW Nasdem Sulsel, Rusdi Masse (RMS).
“Dua figur ini belum bergerak karena menunggu hasil Pilpres 2024. Hasil pilpres nanti akan sangat menentukan peluang mereka. Kalau Prabowo Subianto menang, AIA mulus jadi gubernur. Begitupun kalau Anies Baswedan menang, langkah RMS akan lebih mudah,”ujar Direktur Eksekutif PT Indeks Politica Indonesia (PT IPI) Suwadi Idris Amir.
Suwadi menjelaskan, di Sulsel saat ini belum ada figur yang dominan berdasarkan hasil survei terbaru mereka. Sekelas calon petahana saja masih memiliki popularitas yang rendah. Apatah lagi bicara elektabilitas.
“Popularitas Andi Sudirman Sulaiman saja masih 60 persen lebi. Jadi memang belum ada figur yang diminan,”jelasnya.

Adapun elektabilitas AIA yang masih 4,6 persen itu berpotensi naik drastis mengingat popularitasnya paling rendah di antara 8 bakal calon yang disurvei.
“Karena memang dia belum bekerja sama sekali. Saya yakin jika popularitasnya meningkat, maka otomatis elektoralnya juga akan meningkat,” tegasnya.

The post Pilgub Sulsel Ditentukan Hasil Pilpres appeared first on Berita Kota Makassar.

source