Site icon ROVINDO

PI: Pata-Devi Unggul 56,2 Persen

BELOPA, BKM — Bakal pasangan calon Kepala Daerah (Bacakada) H Patahuddin, S.Ag dan Muhammad Dhevy Bijak Pawindu SH (Pata-Dhevy) kembali membuat kejutan di perhelatan Pilkada Luwu yang tahapannya sudah mendekati pendaftaran di KPU Luwu.

Lembaga survei nasional Polltracking Indonesia (PI) baru saja melakukan survei persepsi publik terkait pemilihan kepala daerah di Kabupaten Luwu. Bacakada yang diusung Partai Golkar dan Partai Demokrat ini unggul dari Dua Bacakada lainnya dengan signifikan. Lembaga PI menempatkan elektabilitas Pata-Dhevy mencapai 56,2 persen dalam simulasi tiga pasang calon, unggul hingga 22,6 persen dari Bacakada Arham Basmin-Rahmat yang berada di posisi kedua dengan elektabilitas mencapai 33,6 persen.

Pula unggul Pata-Dhevy unggul dari Bacakada Agussalim-Erwin Barabba yang mengantongi elektabilitas 5,8 persen. Didata tersebut terdapat grafik yang menunjuk masih ada belum menentukan pilihan (tidak tahu/tidak menjawab) dengan persentase tersisa 4,5 persen saja. Persentase elektabilitas tersebut menurut informasi diambil datanya pada pada akhir Juli, menjawab pertanyaan jika Pilkada Luwu 2024 dilaksanakan saat ini, maka hasilnya tertera seperti yang diuraikan diatas

Tidak hanya dalam simulasi tiga pasang Cakada, pula ada terdapat hasil survei Poltracking Indonesia mensimulasi jika Pilkada Luwu dilaksanakan secara hed to head atau dua pasng calon, antara Bapaslon Patahuddin-Dhevy berhadapan Arham Basmin-Rahmat. Dalam simulasi tersebut lagi-lagi Bapaslon Pata-Dhevy unggul dengan meraih 58,5 persen atau unggul 22,5 persen dari Bapaslon Arham Basmin-Rahmat yang meraih elektabilitas 36,0 persen, dengan responden yang menjawab tidak tahu/tidak jawab hanya 5,5 persen
Ketua AMPG Golkar Kabupaten Luwu menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada masyarakat Luwu.

“Jika hasilnya demikian Alhamdulillah, ini merupakan bentuk motivasi bagi kami di tim Pata Devi untuk bekerja lebih maksimal,” jelasnya, Kamis (22/8).
Untuk diketahui, Lembaga survei Poltracking merupakan lembaga kredibel yang telah melakukan ribuan survei. Pada pilpres dan pileg 2024 lalu, hasil survei dan quick qount oleh polltracking paling presisi dengan hasil penetapan KPU RI.
Pelaksanan pemungutan Pilkada serentak tersisa 97 hari lagi, tepatnya akan dilaksanakan 27 November 2024 mendatang. Untuk saat ini jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada serentak 2024 kab Luwu sebanyak 270.314 orang yang tersebar di 22 kecamatan dan 227 desa atau kelurahan se-Kabupaten Luwu, dengan jumlah total Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 961. Jumlah DPS ini mengalami penambahan 3.285 orang dari DPT Pemilu legislatif 2024 bulan Februari lalu. (rls)

source

Exit mobile version