Site icon ROVINDO

Peserta PMP-OMK XXVI LPM Penalaran Turun Langsung Melihat Potensi Desa Bacu-bacu

MAKASSAR, BKM — Salah satu syarat untuk lulus pada Pelatihan Manajemen Penelitian-Orientasi Manajemen Keorganisasian (PMP-OMK), calon anggota perlu melewati seminar hasil penelitian untuk menjadi anggota LPM Penalaran UNM. Kegiatan seminar hasil ini dilaksanakan pada Minggu, 25 Juni 2023 bertempat di Desa Bacu-bacu, Kecamatan Pujananting, Kabupaten Barru.

Hadir dua orang penanggap ahli dalam seminar ini, masing-masing Indrawan,S.Pd dan Sekretaris Desa Bacu-bacu Muhammad Sahur.

Berbeda PMP-OMK sebelumnya, peserta PMP-OMK XXVI secara langsung datang ke Desa Bacu-bacu untuk melakukan penelitian. Dari kegiatan tersebut, calon anggota menghasilkan tujuh penelitian dari tujuh kelompok dengan berbagai judul penelitian dengan fenomena yang berbeda.

Judul penelitian yang diseminarhasilkan yakni, Potensi Pariwisata Padang Indah Desa Bacu Bacu, Kecamatan Pujananting, Kabupaten Barru. Profil Budidaya dan Tinjauan Prospek Pemasaran Kacang Tanah di Desa Bacu-bacu, Kecamatan Pujananting, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Persepsi Masyarakat Terhadap Pelayanan Kesehatan di Desa Bacu-bacu, Kecamatan Pujananting, Kabupaten Barru.

Judul lainnya, Pengaruh Video Interaktif Terhadap Tingkat Pemahaman Pelajaran Bahasa Inggris di UPTD SDN 156 Baru. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Aparatur Desa Bacu-bacu, Kabupaten Barru.

Salah satu peserta, Mukmin mengungkapkan banyak belajar mengenai penelitian dari kegiatan ini. Terjalinnya hubungan yang erat antarkelompok merupakan kunci selesainya penelitian ini.

“PMP-OMK ini sangat menarik. Saya banyak belajar hal tentang penelitian, serta terjadinya hubungan erat antarkelompok. Orang-orang di sini membuat PMP-OMK lebih menyenangkan,” ujarnya.

Ketua Umum LPM Penalaran UNM Ishak mengucapkan selamat kepada tujuh kelompok peneliti yang telah melewati seminar hasil. Ia berharap kegiatan ini dapat menjadi pembelajaran awal bidang penelitian bagi calon anggota.

“Saya mengucapkan selamat kepada tujuh kelompok peneliti yang telah melakukan seminar hasil di balai desa, yang disaksikan langsung oleh aparatur desa dan masyarakat. Kita berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi peneliti dalam proses pembelajaran awal pada bidang penelitian. Juga memberikan dampak positif bagi pemerintah Desa Bacu-bacu terkait hasil dari topik penelitian yang diangkat,” terangnya. (rls)

The post Peserta PMP-OMK XXVI LPM Penalaran Turun Langsung Melihat Potensi Desa Bacu-bacu appeared first on Berita Kota Makassar.

source

Exit mobile version