Peserta Perempuan Berkebaya Ikut Job Fit
axel wiryanto
Friday, 23 December 2022 15:01 pm
dibaca 136 kali

MAKASSAR, BKM — Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menggelar job fit untuk pejabat eselon II, Kamis (22/12) di Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Jalan Ahmad Yani. Job fit digelar mulai pukul 09.00 Wita. Sebanyak lima tim penguji melakukan wawancara orang per orang.

Tim penguji terdiri dari Sekretaris Kota Makassar sekaligus Ketua Tim M Anshar, Plt Kepala BKD Sulsel Imran Jausi, Prof Aminuddin Ilmar, Prof Thahir Kasnawi, dan Maqbul Halim. Untuk sesi satu, job fit diikuti 23 pejabat eselon II atau kepala OPD laki-laki. Sementara 11 pejabat perempuan baru dimulai pukul 14.30 wita.
Kepala BKPSDM Makassar Andi Siswanta Attas menerangkan, sengaja seluruh pejabat laki-laki didahulukan karena pejabat perempuan harus mengikuti prosesi peringatan Hari Ibu terlebih dahulu. “Jadi dari pagi hingga siang, seluruh pejabat laki-laki yang ikut job fit. Sementara pejabat perempuan siang hari, setelah peringatan Hari Ibu selesai dilaksanakan baru ikut job fit,” kata lelaki yang akrab disapa Wanta.

Mantan Kadis Perpustakaan ini mengatakan, peserta mengikuti sesi wawancara di setiap penguji. Mereka diberi waktu paling lama 15 menit di setiap penguji.
Dia melanjutkan, setiap penguji melakukan wawancara dengan tema berbeda-beda. Untuk tema pembinaan, pengendalian, dan pengawasan, menjadi ranah Sekkot M Anshar.
Sementara Prof Thahir Kasnawi terkait tema pengembangan dan kapasitas organisasi. Imran Jausy menyangkut aspek tata kelola birokrasi dan komitmen. Maqbul Halim tentang aspek pemahaman organisasi. Prof Aminuddin Ilmar mengenai aspek kebijakan.
“Jadi ditentukan tema untuk masing-masing tim seleksi supaya pertanyaan saat wawancara tidak terulang,” tambah Wanta.
Sesi kedua yang diikuti pejabat perempuan berlangsung mulai pukul 15.00 wita. Ada yang menarik dari penampilan para pejabat perempuan yang ikut job fit. Mereka kompak mengenakan kebaya dengan motif, model, dan warna yang sama.
Kebaya berwarna pink lembut yang dikenakan merupakan baju seragam saat mengikuti peringatan Hari Ibu yang digelar pagi jelang siang.
Wanta kembali melanjutkan, usai job fit, timsel akan menggelar rapat dan menentukan skoring setiap peserta. Selanjutnya dilaporkan ke pejabat pembina kepegawaian, dalam hal ini Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto. Dia memperkirakan proses job fit ini akan rampung pekan depan dan hasilnya akan diumumkan langsung Danny Pomanto.

The post Peserta Perempuan Berkebaya Ikut Job Fit appeared first on Berita Kota Makassar.

source