Pesan Theo Untuk 30 Anggota DPRD Tana Toraja: Masyarakat Tunggu Kerja Legislator Baru
axel wiryanto
Friday, 27 September 2024 02:29 am
dibaca 10 kali

MAKALE, BKM — Sebanyak 30 anggota DPRD Tana Toraja periode 2024-2029 hasil Pileg 14 Februari 2024 mengikuti pelantikan dan pengambilan sumpah di gedung DPRD Tana Toraja, Kamis (26/9).

Ke-30 anggota DPRD Tana Toraja diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Makale Richard Edwin Basoeki, S.H. M.H.

Wakil Ketua DPRD Tana Toraja periode 2019-2024, Yohanis Lintin Paembonang memimpin rapat paripurna didampingi Wakil Ketua Evivana Rombe Datu. Evivana pada periode 2024-2029 kembali terpilih sebagai anggota DPRD Tana Toraja.

Pelantikan dihadiri Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati nomor urut 1 Zadrak-Erianto (Zatria), paslon nomor urut 2 Viktor-John (Visi), dan calon Bupati Mamasa Welem Sambolangi yang juga mantan Ketua DPRD Tana Toraja.

Yohanis Lintin Paembongan di awal rapat paripurna mengatakan, selama 3 tahun lebih mereka bersama Bupati dan Wakil Bupati Theofilus Allorerung-Zadrak Tombeg (Theza) sukses membangun Tana Toraja. Prestasi luar biasa teranyar adalah keberhasilan Tana Toraja meraih WTP untuk pertama kalinya, kemampuan mengcover BPJS Kesehatan bagi warga dan melunasi utang yang membuat kondisi keuangan daerah sehat tanpa defisit.

“Banyak hal yang membekas selama kami berkolaborasi dengan eksekutif untuk satu tujuan mengantar Tana Toraja lebih baik dan sejahtera. Terima kasih atensinya,” ujar Yohanis.

Sementara itu, Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung mengucapkan selamat mengabdi kepada anggota dewan baru. “Masyarakat menantikan kerja politik kalian membawa perubahan dan mewujudkan janji politik sebelumnya,” kata Theo.

Untuk anggota DPRD periode yang lalu, Theo mengatakan jika kerja-kerja anggota dewan sebelumnya sungguh luar biasa yang bisa membawa perubahan di daerah ini utamanya pengelolaan keuangan lebih baik dari sebelumnya.

Menurut Theo, kedudukan anggota dewan bagian integral dari Pemkab karena memiliki tugas politik yang luas sebagai perpanjangan tangan parpol di legislatif.

“Dewan menjalankan tiga tugas dan
fungsi yakni fungsi anggaran, legislasi, dan pengawasan.

Menurut Theo wajah baru di DPRD Tana Toraja ini berasal dari aneka profesi sehingga diyakini mampu meningkatkan kualitas serta kompetensi intelektual anggota dewan.

“Meskipun selalu terjadi dinamika semua bisa selesai melalui dialog yang intens tanpa mengabaikan falsafah Misa Kada Dipotuo Pantan Kada Dipomate,” pungkas Theo.

Sekadar diketahui ketua sementara DPRD Tana Toraja adalah Frans Sadakila dari Fraksi Golkar sebaik peraih kursi terbanyak yakni 7 kursi. Sementara wakil ketua adalah Marten Tarukbua dari Gerindra yang meraih 6 kursi. (agus)

source