Permata Bank Kembali Lanjutkan Pencapaian Kinerja Solid
axel wiryanto
Wednesday, 02 August 2023 20:25 pm
dibaca 101 kali

Penyaluran kredit Bank pada semester pertama 2023 tercatat tumbuh sebesar 2 persen YoY menjadi Rp137,4 triliun, yang terkontribusi dari Kredit Pembiayaan Rumah(mortgage) dan Pinjaman Korporasi.
Bank senantiasa menerapkan kebijakan pengelolaan kualitas aset dan portfolio kredit yang pruden berdasarkan prinsip kehati-hatian setiap saat.
Hal ini terlihat dari rasio Gross NPL dan rasio Loan at Risk (LAR) Bank pada Juni 2023 berada pada level masing-masing 2,9 persen dan 9,6 persen. Semakin membaik dibandingkan pada Juni 2022 pada level 3,1 persen dan 12,2 persen.
Di sisi lain, Bank mampu menjaga kebutuhan cadangan atas potensi penurunan risiko kredit melalui rasio NPL coverage dan rasio LAR coverage secara konservatif, masing-masing di level 272,3 persen dan 81,6 persen. .
Seiring dengan perbaikan kualitas aset Bank, rasio Cost of Credit Bank pada semester pertama 2023, tercatat menurun pada level 1,8 persen dibandingkan 2,1 persen pada akhir tahun 2022.
PermataBank berkomitmen untuk terus mengupayakan penyelesaian kredit bermasalah melalui restrukturisasi, litigasi, dan penjualan asset.
Total simpanan nasabah meningkat 8 persen menjadi Rp185,5 triliun.

PermataBank tetap fokus untuk meningkatkan dana murah CASA. Dimana, hingga semester pertama tahun 2023, rasio CASA masih berada di level 56,4 persen.
Melalui penerapan manajemen biaya yang disiplin dan efisiensi operasional yang telah dilakukan secara optimal, serta adaptasi cara kerja digital yang lebih agile, Bank berhasil membukukan rasio Cost to Income (CIR) yang semakin baik menjadi 49,9 persen pada Juni 2023 dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 54,2 persen.
Dari sisi permodalan, PermataBank merupakan salah satu bank komersial di Indonesia yang memiliki struktur permodalan yang kuat. Ini tercermin dari rasio CAR sebesar 39 persen di atas ketentuan minimum regulasi yang berlaku.
Hal ini menjadi pondasi kokoh dalam memberikan peluang pertumbuhan usaha yang lebih prospektif di masa depan, baik melalui pertumbuhan organik atau in-organik.
Sebagai imbal hasil investasi kepada para pemegang saham dan untuk menjaga struktur permodalan Bank yang optimal, pada kuartal kedua tahun 2023, PermataBank telah membagikan total dividen sebesar Rp542 miliar atau sebesar Rp15 per lembar saham dalam bentuk dividen tunai untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2022.

Semangat Baru PermataBank
PermataBank terus memperkuat posisinya sebagai universal bank dalam memberikan produk dan layanan pada seluruh segmen lintas generasi. Dalam menuju pencapaiannya didukung dengan inovasi yang berkelanjutan, baik dalam hal penawaran produk dan jasa yang relevan, memanfaatkan teknologi dan platform digital terkini.
Bersama Bangkok Bank sebagai induk dari PermataBank, membangun secara erat di berbagai bidang. Seperti transaksi perbankan, trade finance, treasury, dan project finance.

Selain itu, bersama menyelaraskan visi dan misi bersama dalam manifesto kampanye ‘One Family, One Team’. Kampanye tersebut menggambarkan kemitraan yang terjalin kuat dan komitmen untuk melayani nasabah dengan sepenuh hati.
Dalam pencapaian kinerja pelayanan, PermataBank kembali meraih Diamond Recognition – 20 Consecutive Years in Service Excellence (konvensional) dan Platinum Recognition – 10 Consecutive Years in Service Excellence (unit usaha Syariah) dalam ajang Banking Service Excellence 2023.
”Melayani nasabah dengan prinsip customer-centric dan memberikan pengalaman perbankan yang lebih cepat, efisien, dan aman merupakan kunci sukses kami dalam menjaga kesetiaan nasabah.
Hal tersebut juga merupakan kontribusi dari para karyawan yang telah bekerja #DenganHati dalam melayani nasabah PermataBank,” tutup Meliza. (mir)

The post Permata Bank Kembali Lanjutkan Pencapaian Kinerja Solid appeared first on Berita Kota Makassar.

source