Perda Pesantren Membawa Kemajuan di Sulawesi Selatan
axel wiryanto
Monday, 31 October 2022 03:04 am
dibaca 393 kali

MAKASSAR, BKM–Tiga lembaga berkolaborasi mendorong Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Pesantren. Tiga lembaga itu masing masing Lembaga Advokasi dan Pendidikan Anak Rakyat (LAPAR) Sulsel, Lembaga Kajian Pengembangan Masyarakat dan Pesantren (LKPMP), dan Pimpinan Pusat (PP) Ikatan Mahasiswa Darud Da’wah Wal Irsyad (IMDI) menyelenggarakan Diskusi Publik yang melibatkan Pondok Pesanten di Sulsel.

Tujuan dilaksanakannya diskusi pubik diharapkan lahirnya ide dari setiap pesantren yang ada di Sulawesi Selatan, khususnya Kota Makassar sehingga ada hasil kajian atau analisis terhadap Ranperda Pesantren di Sulawesi Selatan.
Kegiatan diskusi yang berlangsung di Hotel Jolin Kota Makassar, Kamis (27/10) mengangkat tema “Meningkatkan Kemajuan Pesantren dengan Mendorong Ranperda Pesantren di Sulawesi Selatan”.

Sebagai inisiator Ranperda pesantren yakni politisi Partai Kebangkitan Bangsaa (PKB) Sulsel H Azhar Arsyad. Azhar mengatakan bahwa di Sulawesi Selatan memiliki jumlah sebaran pesantren yang cukup signifikan, akan tetapi banyaknya sebaran pesantren harus didukung oleh pemerintah.
Ketua DPW PKB Sulsel ini menambahkan bahwa norma yang terkandung dalam Ranperda ini adalah fasilitasi Penyelenggaraan Pesantren bukan tentang subtansi materi agama. “Ranperda ini demi kemajuan pesantren sebagai sebuah entitas anak bangsa yang sudah teruji menverdaskan kehidupan bangsa sejak prakemerdekaan hingga sekarang ini,”jelas Azhar yang juga Anggota DPRD Sulsel ini.
Pelaksanaan diskusi juga menghadirkan narasumber dari kalangan akademisi dan praktisi dan mengundang sejumlah perwakilan pesantren di Kota Makassar.
Prof. Mustari Bosra sebagai salahsatu narumber mengatakan tugas untuk mencerdaskan kehidupan bangsa adalah tugas pemerintah. “Secara historis sebelum ada lembaga pendidikan di Indonesia, Pesantren telah ada lebih dulu dalam memberikan pendidikan kepada anak bangsa. Olehnya itu saat ini wajar kalau pesantren dibantu”.ujar Mustari Bosra
Dr. Syamsurijal yang juga merupakan narasumber mengatakan bahwa Perda Pesantren di Sulsel penting. Menurutnya, pesantren bukan hanya lembaga pendidikan tetapi juga sebagai lembaga pembentukan karakter.

The post Perda Pesantren Membawa Kemajuan di Sulawesi Selatan appeared first on Berita Kota Makassar.

source