Pendaftar Calon Komisioner KPU Capai 813 Orang
axel wiryanto
Saturday, 18 February 2023 12:56 pm
dibaca 180 kali

MAKASSAR, BKM–Warga Sulawesi Selatan yang berminat untuk menjadi calon komisoner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan kembali bertambah. Pendaftar kali ini sudah mencapai 813 orang yang terdiri dari perempuan 376 orang serta laki-laki sebanyak 437 orang.
“Pendaftar bertambah dan sudah mencapai angkat 813 orang,”ujar ketua tim seleksi calon anggota KPU Sulsel Nurfadillah Mappaselleng, Kamis (16/2).
Hal berbeda pada peminat untuk menjadi komisioner Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sulsel.

Peminat untuk menjadi komisioner Bawaslu Sulsel tidak sebanyak yang ingin menjadi komisioner di KPU.
Anggota timsel perekrutan calon komisioner Bawaslu Sulsel Syarifa Raehana mengaku hal itu, “Pendaftar laki-laki 30 orang, satu orang lewat emal.

Sedangkan pendaftar perempuan 34 orang. Yang sudah mengembalikan formulir 20 orang laki-laki dan empat orang perempuan,”ujar Syarifa Raehana, Rabu.
Sementara itu, KPU Kota Makassar kembali membahas anggaran dana hibah untuk Pilwali 2024 bersama Pemerintah Kota (Pemkot).
Komisioner KPU Makassar Endang Sari mengatakan, perencanaan anggaran tersebut perlu dibahas lebih awal terkait teknis itemnya. Sehingga ketika tahapan Pilwali Makassar 2024 berjalan sisa melakukan penyempurnaan menyoal anggaran dana hibah.

“Terkait item itu kami sampaikan bahwa Informasi yang kami dapatkan Pilkada itu 27 November 2024, tetapi tahapannya belum turun, gambaran seperti itu kami sampaikan. Kemudian terkait teknis penganggaran yang harus disampaikan beberapa keputusan, misalnya Permendagri, keputusan KPU, teknis detail seperti itu,” kata Endang.
Menurut Endang, pengusulan anggaran Pilwali mendatang kemungkinan besar terjadi pengurangan dibanding dana hibah yang diterima KPU sebelumnya. Sebab anggaran untuk penanggulangan Covid-19 telah dihapuskan, serta Pilwali Makassar digelar secara bersamaan dengan Pilgub Sulsel.

Sehingga akan terjadi dana sharing dari Provinsi.
Sebelumnya, KPU Makassar mengajukan usulan anggaran untuk Pilwali sebesar Rp 116 miliar. Usulan ini diestimasikan untuk 9 pasangan calon (paslon).
Anggota KPU Romi Harminto mengatakan jika anggaran diajukan KPU Rp 116 miliar itu belum final. Karena perlu didiskusikan lebih detail dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemkot Makassar.

The post Pendaftar Calon Komisioner KPU Capai 813 Orang appeared first on Berita Kota Makassar.

source