Pemprov Bantah Perlambat Proses Stadion Sudiang
axel wiryanto
Saturday, 13 July 2024 20:57 pm
dibaca 130 kali

MAKASSAR, BKM — Kepala Dinas Pemud dan Olahraga (Dispora) Sulsel, Suherman menegaskan, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan telah melakukan langkah-langkah dalam percepatan pembangunan Stadion Sudiang.
“Jadi kalau ada yang bilang menghambat itu salah.Malahan kita telah melakukan langkah-langkah percepatan pembangunan Stadion Sudiang,”tegas Suherman sembari menunjukkan sertifikat lokasi juga dokomen dokumen kelengkapan lahan rencana stadion Sudiang, Jumat (12/7) di Lobby utama kantor Gubernur Sulsel.

Adapun dokumen apa yang dibutuhkan Kota Makassar untuk percepatan pembangunan stadion, ujar Suherman, pemprov siap berikan, tentu dengan melihat dan sesuai dengan aturan yang ditentukan.
Sejumlah langkah-langkah konkrit telah dilakukan Pemprov Sulsel untuk percepatan pembangunan Stadion Sudiang diantaranya menyiapkan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) yang sementara proses dan dipersiapkan oleh Dinas Lingkungan Hidup Sulsel dengan alokasi Rp1 miliar.

Pemprov Sulsel juga telah menyurat untuk titik koordinat lokasi pembangunan Stadion Sudiang dengan Otoritas Badara Wilayah V Makassar. Progresnya tengah dilakukan pengukuran. Mengingat lokasi Stadion dekat dari kawasan Bandara, sehingga pelibatan Otoritas Bandara dilakukan agar kehadiran stadion tidak mengganggu operasional di Bandara.
“Kita juga sudah berkoordinasi dan Kementerian PUPR telah hadir di Makassar beberapa waktu lalu, rapat dan melihat langsung lokasi pembangunan Stadion Sudiang, yang juga dihadiri oleh Otoritas Bandara,” jelas Suherman.
Koordinasi dengan pemerintah pusat terus dilakukan Pemprov Sulsel.
“Kita terus koordinasi, apalagi Kementerian PUPR akan membangun Stadion Internasional di kawasan Stadion Sudiang, dimana anggaran fisik stadion dan DED dilakukan oleh Kementerian PUPR,” tuturnya.
Lanjut Suherman, bahwa Pemprov Sulsel juga bersurat ke Pemkot Makassar untuk menerbitkan dokumen analisis dampak lalu lintas (andalalin) Stadion Sudiang.

Ditambahkan Kepala BKAD Sulsel, Salehuddin, menerangkan semua keperluan pembangunan stadion yang berada di Sudiang pemerintah Pemprov siap untuk bersama sama dalam kelancaran pembangunannya
“Kalau memang Pemkot sudah siapkan anggarannya, kita langsung tindaklanjuti baik pinjam pakai atau hibah,” tegasnya. (jun)

source