Pemkot Optimistis Raih Piala Adipura

MAKASSAR, BKM— Pejabat Sementara Wali Kota Makassar Andi Arwin Azis optimistis Makassar bisa meraih Piala Adipura tahun ini.
“Alhamdulillah, ada tanda-tanda baik untuk meraih Piala Adipura. Semoga bisa kita wujudkan,” ungkap Arwin saat ditemui di Kantor Wali Kota Makassar, Senin (21/10).
Dia mengatakan, sudah membangun komunikasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sulsel untuk mendapatkan informasi-informasi penting soal penilaian Adipura.
Seperti diketahui, berbagai upaya sudah dilakukan Pemkot Makassar untuk meraih Piala Adipura.

Salah satunya dengan melaksanakan kegiatan Sabtu Bersih. Semua OPD, perangkat kecamatan, lurah, hingga RT/RW dilibatkan dalam agenda Sabtu Bersih.
Bukan hanya membersihkan lingkungan, namun normalisasi saluran drainase juga menjadi perhatian.
Dengan upaya-upaya yang dilakukan tersebut, diharapkan Piala Adipura bisa diperoleh.

Sementara itu, Plt Kepala DLH, Ferdy Mochtar menerangkan Makassar telah memenuhi semua indikator penilaian Adipura.
Memang ada beberapa indikator yang menjadi konsentrasi Pemkot Makassar saat tim penilai Adipura turun melakukan penilaian pada pekan lalu.
Diantaranya akses orang keluar masuk di sekitar pasar tradisional maupun daerah pertokoan, penataan persampahan dengan pemilahan sampah organik maupun anorganik, sekolah, rumah sakit maupun puskesmas terkait pengelolaan limbahnya, dan beberapa indikator lainnya.

Selama tiga hari melakukan penilaian, kata Ferdy, tim juri Adipura mengunjungi minimal 10 titik.
Menurut mantan Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan ini, indikator penilaian terbesar adalah Tempat Pembuangan Akhir (TPA).
Dia mengatakan, penanganan TPA tidak dilakukan dalam waktu yang singkat.
“Kita sudah melakukan penanganan sekitar 1,5 tahun. Tidak ada lagi bau yang menyengat. Memang kami melakukan intervensi di sana,” tambahnya.
Di kawasan TPA, sudah ada dibuat taman. Tidak ada lagi antrean mobil pengangkut sampah yang akan masuk ke TPA dan masih banyak lagi yang sudah dilakukan. (rhm)

source

Leave a Reply