Site icon ROVINDO

Pemkot Beri Subsidi Korban Kebakaran Pasar Sentral

MAKASSAR, BKM — Si jago merah mengamuk di Makassar Mall atau Pasar Sentral pada Selasa (27/12) malam pukul 19.00 Wita. Di tengah hujan, api dengan cepat melalap lapak-lapak pedagang yang terbuat dari kayu di Blok B.
Seluruh lapak yang berjumlah 931 unit ludes dilalap si jago merah. Tak ada barang dagangan yang tersisa. Yang tertinggal hanya puing-puing, atap seng, dan beberapa dinding kayu yang tidak utuh lagi.
Pantauan BKM, Rabu (28/12) jelang siang, kendati hujan turun cukup deras, ratusan pedagang yang lapaknya habis terbakar bergerombol di sekitar lokasi kebakaran. Dua tenda yang didirikan dan dijadikan posko kebakaran, penuh sesak dengan para pedagang.

Sekitar pukul 10.30 Wita, Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto yang baru saja mendarat dari Jakarta, langsung mengunjungi lokasi. Sesaat setelah keluar dari mobil, Danny langsung diserbu oleh pedagang yang ingin mengadukan nasib mereka.
“Dari bandara saya langsung ke sini. Yang pertama adalah saya ingin menenangkan semua pedagang yang ada di Blok B ini. Yang kedua, kita akan carikan solusi secepatnya-cepatnya,” ungkap Danny.
Dia mengatakan, pihaknya akan mengupayakan agar para pedagang secepatnya bisa kembali berjualan. Apalagi tidak lama lagi akan memasuki bulan Ramadan. Dalam satu atau dua hari ke depan, Danny akan memanggil para pedagang untuk bermusyawarah terkait langkah-langkah yang dilakukan Pemkot Makassar bagi mereka.
Lebih jauh dikemukakan, untuk sementara waktu, para pedagang akan direlokasi di salah satu jalan yang ada di sekitar Makassar Mall. Pedagang nantinya bisa membangun lods sementara di tempat yang sudah disepakati.
Pihaknya juga berjanji akan memberi subsidi atau bantuan untuk pembangunan lapak atau lods sementara bagi para pedagang. Danny berharap kejadian seperti ini tidak terulang dengan meningkatkan keamanan pasar .
Terkait isu beredar bahwa Pasar Sentral sengaja dibakar, Danny tidak mau berspekulasi. Ia menyerahkan sepenuhnya penyelidikan ke aparat Polrestabes Makassar.
“Biarkan pihak kepolisian, Kapolres Pelabuhan melaksanakan penyelidikan. Kita serahkan sepenuhnya ke aparat kepolisian,” tandasnya.

The post Pemkot Beri Subsidi Korban Kebakaran Pasar Sentral appeared first on Berita Kota Makassar.

source

Exit mobile version