Pemkab Wajo-Bulog Gelar Operasi Pasar
axel wiryanto
Jumat, 03 Maret 2023 05:17 am
dibaca 148 kali

WAJO, BKM — Pemkab Wajo bekerjasama Badan Urusan Logistik (Bulog) Cabang Wajo menjadwalkan menggelar operasi pasar di 14 kecamatan. Operasi pasar dimaksudkan untuk stabilisasi harga dan komoditas pangan sekaligus pengendalian inflasi, khususnya menjelang ramadan dan lebaran Idul Fitri 1444 H nanti.

“Sudah kita mulai di (Kecamatan) Sabbangparu, Senin (27/2). Ini kita rencanakan akan terus berlanjut ke 14 kecamatan dengan memprioritaskan lima kecamatan terdampak banjir dulu kemudian ke kecamatan lainnya,” ujar Bupati Wajo Amran Mahmud, Selasa (28/2).
Dijelaskan Amran, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (Disperindagkop UKM) Wajo tengah menyusun jadwalnya. Rencananya, tiap kecamatan akan kebagian jatah dua kali pelaksanaan.

“Operasi pasar dilaksanakan tidak disediakan kupon. Masyarakat datang sendiri di setiap lokasi operasi pasar digelar dengan membawa fotokopi kartu keluarga, sesuai ketersediaan stok bahan,” ujar Amran yang baru saja membawa daerahnya meraih sertifikat Adipura kategori Kota Kecil 2022 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.
Amran berharap, pelaksanaan operasi pasar ini bisa meringankan beban masyarakat. Membantu masyarakat mendapatkan bahan pangan, terlebih dengan harga terjangkau.

Pimpinan Bulog Cabang Wajo, Karmila Hasmin Marunta, menjelaskan melalui operasi pasar ini, masyarakat bisa mendapatkan atau membeli kebutuhan pangan pokok, seperti beras, minyak, gula, terigu, dan lainnya.
“Bulog akan selalu menjaga ketersediaan stok pangan, khususnya di Wajo, sehingga masyarakat diharapkan tidak ‘panic buying’ dalam menghadapi bulan suci Ramadan dan Idulfitri,” tuturnya.
Telah berlangsung di Sabbangparu, Senin (27/2), jadwal pelaksanaan operasi pasar rencananya hingga 14 September 2023. “Jadwal masih bersifat tentatif sekaligus menyesuaikan waktu stakeholder yang terlibat di dalamanya,” ucap Karmila.
Adapun yang tersedia selama operasi pasar, yakni beras 5 kilogram (kg) Rp8.600/kg seharga Rp43.000, tepung terigu 1 kg seharga Rp11.000, gula pasir 1 kg seharga Rp13.500, minyak goreng 1 liter seharga Rp13.000, dan gula pasir Walini 50 kg per sak Rp12.500/kg seharga Rp625.000. (ono/C)

The post Pemkab Wajo-Bulog Gelar Operasi Pasar appeared first on Berita Kota Makassar.

source

Social tagging: