Pemkab Gowa-UINAM Gagas Program Mahasantri
axel wiryanto
Wednesday, 21 September 2022 15:00 pm
dibaca 183 kali

GOWA, BKM — Program Mahasantri yang digelorakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa makin berkembang. Terbukti, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM) memberikan perhatian tinggi atas program tersebut. Yakni dengan menyiapkan pendidikan kelas khusus program studi (prodi) Ilmu Al Qur’an dan Tafsir yang memiliki kualifikasi Hafiz Al Qur’an.

Sebagai tindak lanjutnya, UINAM bersama Pemkab Gowa melakukan penandatanganan kerjasama yang berlangsung di Baruga Karaeng Pattingalloang kantor bupati Gowa, Senin siang (19/9). Seperti diketahui, program Mahasantri ini adalah bagian dari program satu hafiz satu desa satu kelurahan yang digagas Pemkab Gowa pada level mahasiswa. Dalam implementasinya ke depan, pihak UINAM membuka pendidikan kelas khusus Prodi Ilmu Al Qur’an dan Tafsir yang memiliki kualifikasi Hafiz Al Qur’an.
Rektor UINAM, Prof Hamdan Juhannis, mengatakan, program tersebut akan segera dilaunching dengan jumlah peserta sebanyak 167 mahasiswa. Jumlah peserta ini sesuai jumlah desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Gowa.

Program ini akan menjadi sejarah dan patut menjadi role model di seluruh daerah maupun Universitas Islam di Indonesia. Apalagi, untuk di Sulsel sendiri Gowa adalah kabupaten pertama yang melaksanakan program Mahasantri ini.
”Program Mahasantri Pemkab Gowa ini sangat bersejarah. Bahkan, bukan MoU lagi. Tapi langsung ditindaklanjuti dengan penandatangan kerjasama. Ini luar biasa sebuah capaian yang patut menjadi role model,” kata Prof Hamdan Juhannis.
Dirinya mengaku, jika program ini berhasil maka akan menjadi legacy yang berdampak baik terhadap nama Pemerintah Kabupaten Gowa dan UINAM. ”Jika ini sukses, maka akan menjadi percontohan dan mimpi kami perguruan tinggi lain datang ke kami untuk mengadopsi program ini. Kami harap dukungan dari semua pihak untuk solid membantu program ini berjalan, karena ini sebuah legacy dan patut dicatat dalam sejarah perjalanan kepemimpinan Bupati dan Wabup Gowa,” tambah Prof Hamdan Juhannis.
Sementara Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, mengatakan, pihaknya sangat bangga dan bahagia. Karena program ini bisa diterima dan berjalan dengan nama Lembaga Pendidikan Mahasantri bekerjasama UINAM.

The post Pemkab Gowa-UINAM Gagas Program Mahasantri appeared first on Berita Kota Makassar.

source