Pemkab Gowa Target Realisasi Pajak Daerah Hingga Rp156 M
axel wiryanto
Saturday, 15 July 2023 00:12 am
dibaca 160 kali

Sementara pada pajak Penerangan Jalan Umum (PJU) sekitar Rp46,6 miliar, pajak parkir Rp100 juta, pajak Air Bawah Tanah (ABT) Rp1 miliar, dan pajak mineral bukan logam dan batuan sekitar Rp4 miliar.
Pada target pajak bumi dan bangunan pedesaan dan perkantoran (PBB-P2) sebesar Rp26 miliar, pajak bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB) ditargetkan Rp61 miliar.
”Setiap tahunnya realisasi pajak daerah mengalami peningkatan cukup signifikan dari target yang disiapkan. Misalnya pada periode 2022 lalu dari target sekitar Rp135 miliar mampu terealisasi sekitar Rp148 miliar,” jelas Indra.

Diakui Indra, sektor pajak yang dikelola yang mengalami peningkatan cukup positif dalam realisasi yakni pada pajak penerangan jalan sebesar Rp50 miliar dari target sekitar Rp46 miliar, kemudian pajak BPHTB dengan realisasi Rp61 miliar dari target Rp51 miliar dan pajak reklame dengan realisasi Rp2 miliar dari target Rp1 miliar, serta pajak restoran dengan realisasi Rp9,8 miliar dari sekitar Rp9 miliar.
“Realisasi yang berhasil dicapai ini tentunya karena upaya yang terus didorong di jajaran Bapenda, termasuk perusahaan daerah (Perusda) agar mampu menggali potensi-potensi daerah yang bisa menghasilkan peningkatan pajak daerah untuk mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Saya telah menginstruksikan SKPD atau pihak-pihak terkait seperti Perusda agar terus mendorong sektor-sektor yang dianggap dapat menambah pendapatan daerah” papar Indra lagi. (sar)

The post Pemkab Gowa Target Realisasi Pajak Daerah Hingga Rp156 M appeared first on Berita Kota Makassar.

source