Pemkab Gelar Rakor Stabilisasi Harga Pangan
axel wiryanto
Monday, 02 October 2023 11:46 am
dibaca 118 kali

SIDRAP, BKM — Pemkab Sidrap menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Stabilisasi Pasokan Harga Pangan (SPHP) yang diselenggarakan Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan (DTPHPKP) Kabupaten Sidrap, Jumat (29/9).

Hal ini, sambungnya, menjadi tugas bersama khususnya pemerintah yang senantiasa berupaya menekan inflasi dan menjaga ketergantungan daya beli masyarakat terutama kepada kelompok belanja pangan baik di tingkat produsen maupun konsumen.
Nasruddin yang didampingi Sekretaris DTPHPKP Sidrap, Muhammad Fajri Salman, memaparakan, hal yang dilakukan pemerintah saat ini dalam menjaga ketersediaan stok pangan dan stabilitas pangan antara lain penyelenggaraan CPP atau cadangan pangan pemerintah.
“CPP merupakan program Presiden untuk melakukan pembagian langsung tunai (Beras) kepada kelompok yang masuk kategori KPM (Kelompok Penerima Manfaat) secara bertahap yang terdata pada dinas sosial,” terangnya.
Dalam kesempatan tersebut, mantan kepala BKAD itu juga menjelaskan kondisi lonjakan pangan yang dialami akibat El Nino. Pasalnya, dengan adanya fenomena tersebut akan mempengaharui pertanian dan mengurangi pasokan gabah dan tentu akan berpengaruh terhadap stabilisasi pasokan pangan
“Semoga melalui rakor ini dapat melahirkan kesamaan persepsi dan langkah-langkah kongkrit atau rencana aksi bersama dalam rangka mencapai tujuan dan sasaran bersama terkait SPHP khususnya di Kabupaten Sidrap dan Sulawesi Selatan pada umumnya,” pungkas Nasruddin Waris.

Kegiatan dilanjutkan pemaparan materi oleh narasumber dari Dinas Ketahanan Pangan Pemprov Sulsel dalam hal ini fungsional AKP Dinas Ketahanan Pangan Sulsel, Main Sese Inda Laila, dan Kadis Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Sidrap, Nurkanaah.
Kegiatan berlangsung di Baruga Kompleks SKPD Sidrap, dihadiri perwakilan Bagian Ekonomi dan SDM, Bappelitbangda, Dinas Peternakan dan Perikanan, Bulog serta para Enumerator Panel Harga, BPP, PPK dan Penyuluh se-Kabupaten Sidrap. (ady/C)

The post Pemkab Gelar Rakor Stabilisasi Harga Pangan appeared first on Berita Kota Makassar.

source