Pemkab Gelar Pendampingan Teknis Peningkatan Implementasi SAKIP
axel wiryanto
Monday, 08 August 2022 21:30 pm
dibaca 238 kali

MALILI, BKM — Pemkab Luwu Timur menggelar pendampingan teknis implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB) oleh Sekkab Kabupaten Luwu Timur (Lutim), H. Bahri Suli, Kepala Bagian Organisasi Setdakab Lutim, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemkab Lutim, di Hotel Goodrich Suites, Jakarta, Jumat (5/8).

Narasumber kegiatan Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, Prof. Dr. Erwan Agus Purwanto, Asisten Deputi Perumusan dan Koordinasi Kebijakan Penerapan Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, Kamaruddin, Analis Kebijakan Muda, Canggih Hangga Wicaksono.
Kepala Bapelitbangda Lutim, Dohri As’ari menyampaikan pelaksanaan RB Pada Instansi Pemkab adalah komitmen bersama untuk mencapai sasaran RB dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan akuntabel.

“Perlu upaya dan langkah strategis melakukan perbaikan terhadap kekurangan ataupun kelemahan pelaksanaan RB dan SAKIP selama ini secara berkelanjutan. Sehingga dapat meningkatkan kualitas implementasi SAKIP dan RB,” katanya.
Dohri menjelaskan, pelaksanaan RB adalah gambaran dari capaian penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi kepada hasil (result oriented government). Maka, akan menghasilkan birokrasi yang bersih dan akuntabel, birokrasi yang kapabel serta birokrasi yang memberikan pelayanan publik secara prima.
“Mengapa Pendampingan RB dan SAKIP Pra Evaluasi ini sangat penting dilaksanakan, untuk menilai tingkat efektivitas dan efisiensi kualitas penerapan RB dan SAKIP masing-masing OPD, memberikan saran perbaikan meningkatkan kualitas RB dan SAKIP sebelum dilakukan evaluasi oleh tim evaluator Kementerian PANRB,” jelasnya.

The post Pemkab Gelar Pendampingan Teknis Peningkatan Implementasi SAKIP appeared first on Berita Kota Makassar.

source