Pemkab- DPRD Setujui APBD-P 2022
axel wiryanto
Tuesday, 27 September 2022 11:14 am
dibaca 227 kali

BARRU, BKM — Pemkab dan DPRD Barru menyetujui rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD-P) 2022 menjadi Perda APBD-P 2022. Penandatanganan dilakukan di Gedung DPRD Barru melalui sidang paripurna, Jumat (23/9).

Sebelumnya Ranperda APBD-P diserahkan Pemkab ke DPRD dan dilanjutkan pembahasan oleh Tim Banggar dengan TAPD selama tiga hari.
Pengesahan berdasarkan ketentuan Pasal 181 ayat (1) PP Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, disebutkan Ranperda kabupaten tentang perubahan APBD yang telah disetujui bersama dan rancangan Perkada tentang penjabaran perubahan APBD disampaikan kepada gubernur sebagai wakil Pemerintah Pusat paling lambat tiga hari sejak tanggal persetujuan Ranperda kabupaten tentang perubahan APBD.

Bupati Barru Suardi Saleh dalam sambutannya menyatakan rancangan ini tidak serta merta langsung disahkan. Melainkan ada proses evaluasi sebelum ditetapkan oleh Bupati. Sebelumnya ada tahapan yang telah dilaksanakan, yakni diawali dengan penyampaian Rancangan Perubahan KUA dan Rancangan PPAS oleh Kepala Daerah kepada DPRD.
Dilanjutkan pembahasan dan kesepakatan antara Kepala Daerah dan DPRD atas Rancangan Perubahan KUA dan Rancangan Perubahan PPAS, penerbitan SE Kepala Daerah perihal Pedoman Penyusunan RKPA SKPD, dan Perubahan DPPA-SKPD serta penyusunan Ranperda tentang perubahan APBD dan rancangan peraturan Kepala Daerah tentang penjabaran perubahan APBD.
Kemudian dilakukan verifikasi RKPA SKPD, dan pelaksanaan review oleh APIP serta penyampaian Ranperda tentang perubahan APBD oleh Kepala Daerah kepada DPRD, untuk dibahas bersama.
Dijelaskan Suardi agenda pengambilan persetujuan bersama DPRD dan Kepala Daerah menggambarkan sinergitas yang sangat baik dan membanggakan antara pihak eksekutif dengan legislatif dalam kedudukannya yang sejajar dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.
Pencapaian proses yang telah dicapai bukanlah hal yang mudah, perhatian dan energi tercurah untuk menghasilkan dokumen anggaran yang mencerminkan pelaksanaan pembangunan kedepan untuk Kabupaten Barru.

The post Pemkab- DPRD Setujui APBD-P 2022 appeared first on Berita Kota Makassar.

source