Pemkab Berbenah Menuju Penghargaan Wistara
axel wiryanto
Tuesday, 04 October 2022 01:45 am
dibaca 213 kali

MAKALE, BKM — Pemkab Tana Toraja tengah mempersiapkan diri menuju kabupaten sehat dan berharap bisa meraih penghargaan Wistara. Sebeloumknya Pemkab Tator telah berhasil meraih penghargaan Padapa dan Wiwerda. Setidaknya sembilan tatanan terpenuhi mendapatkan Wistara, selain kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, juga pemukiman dan rumah ibadah, pasar rakyat sehat, satuan pendidikan, dan pariwisata.

Plt Sekkab Tana Toraja, Suleman Malia mengatakan bebertapa hal yang mesti dipenuhi adalah transportasi dan tertib lalulintas jalan, perkantoran dan perindustrian, perlindungan sosial, serta pencegahan dan penanganan bencana. Nah, setelah sembilan tatanan dijabarkan menjadi 343 indikator dan mutlak dipenuhi kabupaten sehat dengan nilai minimal 90 persen lebih sehingga reward tertinggi kabupaten sehat adalah Wistara
Diakui Suleman, persiapan kabupaten sehat Tana Toraja bulan Oktober 2022 akan diverifikasi tim kabupaten sehat Provinsi Sulsel. Pihaknya berharap Tana Toraja masuk nominasi terbaik, sehingga penilaian dari Pusat tahun 2023 predikat tertinggi kabupaten sehat Wistawa diraih daerah ini.
Maka tidak heran jika Forum Kabupaten Sehat Tana Toraja diketuai Yariana Somalinggir bersama stakeholder lainnya intens melakukan sosialisasi dilapangan hingga kepelosok desa agar persiapan lebih matang dan bisa meraih Wiwerda.

Tujuan dan sasaran kabupaten sehat adalah mengubah pola hidup masyarakat untuk sehat dengan konsumsi pangan bergizi dengan nutrisi tinggi.
Menurut Suleman, program Kabupaten Sehat merupakan indikator pembangunan daerah ditikberatkan pada pengembangan manusia, baik jasmani, spiritual dan intelektual sebagai standart melaksanakan tanggung jawab secara optimal membangun Kabupaten Sehat yang tidak bisa dipisahkan dengan kesehatan lingkungan, sebab keduanya saling menopang sehingga kabupaten semakin strategis.

The post Pemkab Berbenah Menuju Penghargaan Wistara appeared first on Berita Kota Makassar.

source