Pemilih di Kota Makassar Mencapai 902.872 Orang
axel wiryanto
Sunday, 02 October 2022 02:27 am
dibaca 240 kali

MAKASSAR, BKM–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) Triwulan III tahun 2022, di Aula Kantor KPU Makassar, Rabu (28/9).
Kegiatan tersebut dilaksanakan sesuai ketentuan pada PKPU No.6 Tahun 2022 pasal 10 bahwa KPU Kabupaten/Kota menyelenggarakan Forum Koordinasi PDPB tingkat Kabupaten/Kota paling sedikit setiap tiga bulan sekali.

Kegiatan ini dihadiri Komisoner dan Jajaran Sekretariat KPU Makassar, Forum Koordinasi PDPB terdiri dari Forkopimda, Bawaslu Kota Makassar, Disdukcapil Makassar, Lapas, Rutan, Kementrian Agama Makassar, Camat di Kota Makassar, Kesbangpol Makassar dan Bagian Pemerintahan.
Rakor dibuka Komisioner KPU Makassar Gunawan Mashar, selanjutnya kegiatan dipandu Kasubag Perencanaan, Data dan Informasi Andrie Fajar Halyb.
Romi Harminto selaku Komisioner Divisi Perencanaan, data dan Informasi memaparkan materi pemilih berkelanjutan. Romi menjelaskan bahwa PDPB selama ini dilaksanakan melalui koordinasi dengan instansi terkait guna mengakuratkan data pemilih di Makassar.
“KPU Kota Makassar menerima empat kategori data dari Kemendagri yakni, kategori pemilih ganda, pemilih meninggal dan kategori pemilih ganda tidak padan.

Dan yang terbaru adalah kategori pemilih baru,”ujar Romi Harminto.
Romi juga berharap kedepannya dalam proses pemutakhiran data pemilih pemilu 2024 mendapatkan support dan dukungan stackholder yang ada di Makassar guna mengakuratkan data pemilih di Makassar.

Adapun jumlah pemilih periode Agustus 2022 sebanyak 902.872 orang terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 436.675 pemilih dan jumlah perempuan sebanyak 466.197 pemilih. Dan selanjutnya KPU Makassar akan menetapkan daftar pemilih berkelanjutan Periode September pada 30 September 2022.
Dinas kependudukan dan catatan sipil Makassar menyampaikan bahwa sudah ada kerjasama antara KPU RI dan Kemendagri, peran Disdukcapil kota Makassar membantu mensinkronkan dan pemadanaan data pemilih yang ada di kota Makassar, kedepannya Disdukcapil meminta dokumen pendukung untuk data yang sudah aktif ataupun tidak aktif dalam proses pemutakhiran data pemilih di Kota Makassar.

The post Pemilih di Kota Makassar Mencapai 902.872 Orang appeared first on Berita Kota Makassar.

source