Site icon ROVINDO

Peluang Wajah Baru Dominasi Parlemen Sulsel

MAKASSAR, BKM — Wajah baru berpeluang mendominasi mereka yang terpilih untuk kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Selatan. Parlemen Sulsel yang beranggotakan 85 orang, kemungkinan diisi oleh sedikitnya 31 orang petahana, dan selebihnya merupakan wajah baru.
Adapun 12 anggota DPRD Sulsel yang bersaing untuk duduk di kursi DPR RI Senayan, yakni Desy Susanti Sutomo, Ni’matullah Erbe, Usman Lonta, Imam Fauzan, Andi Nurhidayati, Rahmatia, Sri Rahmi, Meity Rahmatia, Ismail Bahtiar, Rudy Piter Gony, Kartino Lolo, dan Irwan Hamid.

Sementara, ada sejumlah anggota dewan yang tidak maju lagi dengan pertimbangan ingin fokus menghadapi kontestasi pemilihan bupati (Pilbup) seperti Darmawangsyah Muin, Hengky Yasin, Syamsuddin Karlos, serta ada pula yang sakit.
Para petahana yang berpeluang kembali terpilih yakni politisi Golkar Rahman Pina, Fachruddin Rangga, Sofyan Syam, dan Andi Izman Maulana. Politisi Nasdem, yaitu Andi Rachmatika Dewi, Rezki Mulfiati Lutfi, Captain Ariyadi, Mizar Rahmatullah, H Muhammad, Syaharuddin Alrif, dan Sarwindi Biringkanae.

Dari Partai Gerindra yakni Adam Muhammad, Henny Latif, Rusdin Tabi, dan Firmina Tallulembang. Sedangkan dari Partai Demokrat masing-masing Andi Januar Jaury Dharwis, Haidar Madjid, Risma Kadir Nyampa, Muliadi Mustamu, Selle KS Dalle, Jufri Sambara, dan Fadriati AS. Dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ada Muzayyin Arif dan Andi Saifuddin.
Untuk yang berpeluang oppo dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) adalah Fauzi A Wawo dan Azhar Arsyad. Adapun dari Partai Amanat Nasional (PAN), yaitu Andi Muh Irfan AB dan Irwandi Natsir. Sedangkan dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yakni Dan Pongtasik serta Esra Lamban. Untuk Partai Persatuan Pembangunan (PPP) bisa saja tinggal Andi Sugiarti Mangunkarim.
Para pendatang baru yang berpeluang masuk parlemen Sulsel berdasarkan data sementara yang masuk ke KPU Sulsel, yakni Politisi Golkar Munafri Arifuddin, politisi Gerindra Muhammad Taufan Ansar, politisi PPP Zalman Al Farizi, politisi Gerindra Andi Tenri Indah, politisi PAN Husniah Talenrang, dan politisi PKB Fadillah Fahriana.
Juga politisi Golkar Andi Patarai Amir, politisi Gerindra Yasir Mahmud dan Andi Tenri Abeng Salangketo, politisi Golkar Andi Muhammad Ikram Kaswadi, politisi Nasdem Andi Zulkarnaen Sutomo, Andi Azizah Irma, Andi Arham Basmin, serta politisi Gerindra Arsyad Kasmar.
Sekretaris DPD Gerindra Sulsel Darmawangsyah Muin, mengakui perolehan suara istrinya yakni Andi Tenri Indah sudah melebihi 40.000. “Masih dilakukan pengimputan. Insyaallah kita masih menunggu tambahan lagi,” ujar Darmawangsyah yang juga Wakil Ketua DPRD Sulsel, Kamis (15/2). Hal sama disampaikan suami dari Fadillah Fahriana, yakni Hengky Yasin. “Alhamdulillah, walaupun belum rampung semua hasil perekapan suara Ibu Hj Fadillah, namun kami bersyukur sejauh ini hasil suara yang didapatkan cukup memuaskan,” ujar Hengky yang juga anggota DPRD Sulel dua peridoe ini.
Pengamat politik yang juga Direktur Eksekutif PT Indeks Politika Indonesia (IPI) Suwadi Idris Amir dimintai tanggapannya soal peluang pendatang baru masuk parlemen Sulsel. “Memang kalau dilihat model rekruitment dari partai-partai besar seperti Gerindra, Golkar, Nasdem dan PPP tujuannya dalam rangka merebut kemenangan di DPRD Provinsi Sulawesi Selatan. Yang direkrut adalah pengusaha muda, sebab mereka yang maju itu tidak main-main. Mereka betul-betul menggunakan seluruh sumber daya manusianya, juga cost politiknya untuk bersaing dengan pertahana yang sudah lama mendominasi partai besar,” ujar Suwadi, kemarin.
Ia lalu mengambil contoh sosok Yasir Mahmud yang maju di Bone bersama putri Penjabat Bupati Andi Tenri Salangketo. ”Berdasarkan survei, keduanya dinyatakan hampir lolos,” tambahnya.

Unggul di DPD

Sebanyak 18 calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI atau Senator masih menunggu hasil rekapitulasi suara yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan.
Hingga berita ini dibuat, suara masuk baru sekitar 34,98 persen.
Sedikitnya ada sepuluh dari 18 calon yang telah meraih dukungan teratas. Mereka adalah Al Hidayat Samsu dengan raihan 11,11 persen, Andi Muh Ihsan 8,51 persen, Abd Waris Halid 8,44 persen, Tamsil Linrung 8,29 persen, Andi Yagkin Padjalangi 6,72 persen, Andi Hatta Marakarma 5,7 persen, Pdt Musa Salusu 4,96 persen, Lily Amelia Salurapa 4,83 persen, Andi Yusran Paris 4,78 persen, serta Datu Luwu Andi Maradang Mackulau 4,76 persen.
Empat nama peraih dukungan teratas diyakini akan mampu mempertahankan dominasinya hingga tabulasi berakhir. Mereka adalah Tamsil Linrung, Al Hidayat, Andi Muh Ihsan dan Abd Waris Halid. “Keempatnya terus mendapatkan dukungan hingga rekap berakhir,” ujar Aswadi, salah satu tim Tamsil Linrung, Kamis (15/2).
Sementara Andi Yagkin Padjalangi mengaku tetap optimis meraih dukungan. “Insyaallah dukungan akan terus bertambah,” ujar mantan anggota DPRD Sulsel ini.
Berikutnya ada nama Elly Oscar, Prof Idrus Paturusi, Andi Baso Ryadi M, H Muhammad Nasyit Umar, Harmansyah, ST Diza Rasid Ali, HA Chairil Anwar, dan H Abd Rahman. (rif)

source

Exit mobile version