Pelaku UMKM Ramaikan Musim Haji di Asrama Sudiang
axel wiryanto
Saturday, 27 May 2023 11:31 am
dibaca 129 kali

MAKASSAR, BKM — Musim haji menjadi salah satu peluang peningkatan ekonomi masyarakat. Hal itu ditandai dengan banyaknya pelaku UMKM yang menjajakan produknya di dalam kompleks dan luar kompleks Asrama Haji, Sudiang, Makassar.

Humas Kemenag Sulsel Mawardi Sirajuddin, mengatakan untuk UMKM yang rutin hadir pada musim haji itu selalu dikordinir oleh pihak UPT Asrama Haji.

“Untuk UMKM yang berada di depan Asrama Haji itu mereka mandiri, namun tetap berkomunikasi dengan pihak UPT,” ujarnya, Jumat (26/5).

Ia melanjutkan, merebaknya UMKM musiman itu menjadi salah satu penanda masuknya musim haji. Mereka akan ramai ketika proses karantina jemaah calon haji sudah tiba di Asrama Haji.

“Seperti penjual baju kaus, foodcourt, bahkan hampers untuk oleh-oleh itu cukup bervariasi ketika musim haji tiba,” sebutnya.

Tak hanya itu, lanjut dia, untuk pengelolaan UMKM yang berada dalam Kompleks Asrama Haji setiap musim pemberangkatan haji dioptimalkan setiap tahunnya sesuai dengan jumlah wisma yang ada di kompleks asrama haji.

“Karena siksa juga kalau jemaah berjalan terlalu jauh dari asrama untuk mencari kebutuhannya. Jadi, seperti kantin dan foodcourt itu dimaksimalkan sesuai dengan jumlah wisma,” jelasnya.

Apalagi, lanjutnya, tahun ini banyak lansia. Tentu pelayanannya diutamakan tidak terlalu menguras tenaga untuk jemaah.

“Untuk keamanan dengan hadirnya UMKM itu tentu disupport bersama oleh pihak keamanan serta jalanan. Karena ada UMKM depan kompleks asrama. Itu ada aparat yang mengatur kelancaran lalu lintasnya. Jadi untuk saat ini terbilang aman,” ujarnya.
Ia berharap musim haji kebahagiaan tidak hanya dirasakan oleh para calon jemaah haji dan keluarga, tapi juga oleh masyarakat yang berada di sekitar asrama.
Andi Anti (24), seorang pelaku UMKM kuliner mengatakan, penyelenggaraan haji yang mendatangkan banyak orang di Asrama Haji menjadi lirikan para pelaku UMKM.

Kata dia, dengan ramainya kunjungan yang berpusat di Asrama Haji Makassar, menjadi salah satu peluang peningkatan penjualan.

“Jadi saya 24 jam buka. Ada saja pembeli, karena biasa pengatar haji itu ada yang lapar atau haus, biar tengah malam,” ucapnya.

Ia menuturkan, meski hanya musiman, kesempatan itu sangat diburu dengan harapan ia dapat meningkatkan penghasilannya. (jun)

The post Pelaku UMKM Ramaikan Musim Haji di Asrama Sudiang appeared first on Berita Kota Makassar.

source