Site icon ROVINDO

Pegiat Literasi Gelar Gebyar Literasi Mengulas Buku

MALILI, BKM — Pegiat Literasi Towuti melakukan kegiatan Gebyar literasi dengan bentuk “Cerdas Mengulas Buku” guna menumbuhkembangkan kemampuan literasi di Kabupaten Luwu Timur dibawah binaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK), sebagai pembina perpustakaan dan komunitas literasi di Kabupaten Lutim, di Aula SMPN 1 Towuti, Jumat (11/10).

Kegiatan literasi merupakan program pemerintah pusat melalui Badan Bahasa Kemendikbudristek yang dilaksanakan pegiat Literasi Towuti sebagai Komunitas Literasi Penerima Banpem dengan bentuk mengulas buku “Aku Radio Bagi Mamaku” yang diikuti 60 peserta didik dari kalangan SD, SMP hingga SMA.
Pustakawan Ahli Muda, Aristu Frisian mewakili Kepala DPK membuka kegiatan didampingi Besse Srisulwana selaku narasumber. Turut hadir bunda literasi, Haidar Alwi, Ketua Yayasan Mufidah, Kepsek SMAN 1 Towuti, serta Sekcam Towuti.

Aristu mengungkapkan kegiatan ini bertujuan meningkatkan literasi, khususnya bagi peserta didik, mulai tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas baik negeri maupun swasta.
” Output yang kita harapkan dari pelaksanan ini adalah peserta didik memiliki kemampuan dalam mengakses, memahami dan menggunakan pengetahuan yang didapatkan melalui aktivitas membaca, menulis, menyimak dan berkomunikasi,” ungkap Aristu.

Pustakawan ahli muda ini berharap agar kegiatan ini dapat menjadi pilot projeck bagi komunitas literasi lainnya dalam upaya berkontribusi dalam pengembangan sumber daya manusia di Bumi Batara Guru.
” Semoga kegiatan ini dapat berkesinambungan dan memberikan dampak peningkatan literasi masyarakat di Kecamatan Towuti khususnya dan masyarakat Luwu Timur pada umumnya, ” tutup Aristu.
Sementara Ketua Pegiat Literasi Towuti, Eve Darsono menyampaikan, kegiatan Gebyar Literasi ini merupakan gerakan untuk menumbuhkembangkan kemampuan literasi masyarakat khusunya yang ada di Kecamatan Towuti.

” Alhamdulillah banyak yang sudah kami lakukan, baik mengunjungi sekolah-sekolah hingga menghadirkan motivator gemar literasi, dan melakukan kegiatan menulis bagi pemula,” ucapnya.
Melalui kesempatan ini, Eve menyampaikan rasa terimakasihnya kepada semua pihak yang telah mensuport pelaksanaan kegiatan ini, support bapak dan ibu merupakan hal yang penting.
Bunda Literasi Lutim Haidar Alwi turut serta menyampaikan pesan agar kegiatan seperti ini kedepannya bisa berkelanjutan dan terus dilakukan dengan harapan dapat membudayakan literasi serta sangat mengapresiasi terhadap kegiatan yang terlaksana ini. (rls).

source

Exit mobile version